Beranda MOTORSPORTS Mampukah Marquez Mengalahkan Semua Rekor Rossi?

Mampukah Marquez Mengalahkan Semua Rekor Rossi?

Jakarta, 15 Agustus 2019 – Valentino Rossi adalah pembalap yang luar biasa. Dapat dikatakan sebagai legenda hidup balap motor. Prestasinya membara Rossi torehkan banyak rekor di MotoGP. Dia masih menjadi pembalap dengan rekor podium terbanyak dengan 198 kali naik podium. Valentino Rossi juga membukukan rekor podium terbanyak dalam satu musim, yakni 16 kali (disamai namun belum dipatahkan).

Rekor-rekor itu hanyalah sedikit dari beberapa rekor Rossi yang belum terpatahkan. Di sisi lain, Marc Marquez bukanlah pembalap biasa. Dia telah memecahkan rekor demi rekor sepanjang kariernya di dunia balap.

Pada tahun 2013, di usia 20 tahun dan 63 hari, dia menjadi pembalap termuda dalam sehara yang memenangkan GP di kelas utama. Di tahun yang sama, dia menjadi juara dunia termuda dalam sejarah, tepatnya dalan usia 20 tahun 266 hari. Tidak berhenti di situ, di 2014, Marc Marquez menjadi pembalap termuda yang memenangkan 10 balapan secara berurutan (21 tahun dan 174 hari). Masih di 2014, dia kembali memecahkan rekor dengan 13 kemenangan 13 pole dalam satu musim. Dia juga menjadi pembalap termuda dengan 5 gelar juara di MotoGP.

Berbekal prestasi itu, mampukah Marc Marquez mengalahkan semua rekor Rossi? Tentu jawabannya tidak semua rekor bisa dia kalahkan. Ada beberapa rekor yang mustahil Marc Marquez kalahkan.

Misalnya saja, Rossi pernah menjadi juara dengan motor 2 tak, sementara Marquez tidak mungkin, karena motor 2 tak tidak lagi digunakan. Sama dengan Rossi, Marquez menjadi juara menunggangi motor 4 tak. Fakta ini tentu tidak fair untuk dijadikan ukuran perbandingan. Meski demikian, rekor-rekor Rossi lainnya, terutama sejak berlaga di era motor 4 tak tentu tidak mustahil dia pecahkan.

Di luar kontroversi Marquez tidak menaruh hormat pada pembalap lain seperti yang disebut oleh Alex Rins di Brno, Marquez adalah pembalap yang mampu menjadi juara dunia termuda. Ini melampaui rekor Rossi.

Rossi sendiri telah membukukan rekor 9 kali juara dunia. Rekor ini belum mampu dikalahkan oleh Marc Marquez karena baru membukukan rekor 7 kali juara dunia. Tetapi Marquez masih muda, dan sedang berada pada puncak performa. Bisa saja dia mampu mengalahkan rekor itu.

Di GP Ceko, Marquez berhasil menyamai rekor Mike Hailwood dengan kemenangan 76 di Grand Prix. Tetapi belum bisa mengalahkan Rossi dengan 115 kemenangan.  Valentino Rossi juga membukukan kemenangan di kelas primer dengan dua pabrikan berbeda, yakni Honda (500cc) dan Yamaha (MotoGP).

Sumber: motogp.com

Rossi meraih gelar beruntun bersama Honda pada tahun 2001-2003. Menunggangi motor Yamaha, Valentino Rossi meraih gelar juara pada 2004-2005 dan 2008-2009. Rekor itu tidak akan dikalahkan oleh Marc Marquez selama dia masih membalap bersama Honda.

Untuk rekor finish di podium, target Marquez selanjutnya adalah mengalahkan Agostini. Legenda ini mengklaim 88 podium di kelas utama dan Marquez saat ini baru meraih 87 podium saja. Tapi maaf, Rossi masih terdepan dengan 198 finish di podium. Rekor ini tentu masih dapat dilampaui oleh Marquez.

 

 

Last Updates

Ini 3 Juara Modifikasi di Final Battle Honda Modif Contest 2019

YOGYAKARTA, 18 November 2019 – Final battle Honda Modif Contest (HMC) 2019 sebagai kompetisi modifikasi sepeda motor terbesar di Indonesia...

Marquez Pesembahkan Triple Crown untuk Honda di Valencia

VALENCIA, 17 November 2019 - Marc Marquez memenangkan MotoGP Valencia tahun 2019, sekaligus memberikan Repsol Honda gelar dunia tim (triple crown untuk HRC). Setelah...

Pembalap-Pembalap Yamaha Tampil Cepat di Valencia, Kecuali Rossi

VALENCIA, 17 November 2019 - Fabio Quartararo menunjukkan kecepatannya dengan meraih pole position di MotGP Valencia 2019. Di babak final Kejuaraan Dunia MotoGP 2019,...

Yellow Corn, Apparel asal Jepang Resmi Hadir di Indonesia

JAKARTA, 15 November 2019 – Pilihan apparel atau riding gears kini bertambah dengan hadirnya brand asal Jepang Yellow Corn. Kehadirannya...

5 Builder Italia dan Jepang Ramaikan Suryanation Motorland Show Off 2019

JAKARTA, 15 November 2019 – Pesta pecinta custom dan roda dua Suryanation Motorland Show Off 2019 akan dilangsungkan selama dua...