Beranda MOTORSPORTS Kondisi Marquez Tidak Fit, Rossi Siap Memanfaatkan?

Kondisi Marquez Tidak Fit, Rossi Siap Memanfaatkan?

Sumber: visordown

JAKARTA, Motovaganza.com Kondisi Marquez sedang tidak fit, dan sedang memulihkan diri dari operasi bahu kirinya. Hal itu merupakan konsekuensi tidak langsung dari kecelakaan mengerikan yang dia alami di Thailand dan Malaysia. Termasuk pada tes pasca-musim di Jerez yang akhirnya memperparah fraktur di bahunya.

Setahun setelah ia menjalani operasi karena cedera yang serupa pada bahu kanannya, Marquez menyebut ia tidak akan fit untuk tes MotoGP mendatang di Sepang pada 7-9 Februari. Ia juga menyebut bahwa level kebugarannya hanya 70% di Malaysia. Hasilnya, Marquez akan sulit bersaing dengan pembalap lainnya. Bahkan, ia juga khawatir tidak akan fit untuk pembuka MotoGP Qatar pada bulan Maret.

“Tentu saja, saat ini pundak saya tidak dalam kondisi sempurna. Saya ingin kondisinya lebih baik,” sebut Marquez ketika menerima penghargaan dari Mundo Deportivo. “Pemulihan berjalan dengan baik dan memang benar sedikit lebih lambat jika dibandingkan dengan cedera yang terakhir,” imbuhnya. Itu terjadi diakui Marc Marquez karena operasi bahu kiri lebih rumit.

Namun mereka terus bekerja keras untuk tetap datang dan tampil sebaik mungkin. “Bukan 100% tetapi minimal 70%, 60% untuk tes Malaysia. Tetapi, tujuan akhirnya adalah mencoba menjadi 100% saat balapan di Qatar,” harap Marc dikutip dari Visordown.

Teror Bagi Pembalap Lain

Meski demikian, kondisi ini memberi “teror” baru bagi pembalap lain. Pasalnya, apakah benar kondisinya seperti itu? Atau, jangan-jangan Marc Marquez berusaha “menidurkan” pesaingnya dari ancaman yang ia simpan di seri pembuka di Qatar? Bisa jadi. Apalagi ini bukan kali pertama Marc Marquez mampu naik podium meski dalam kondisi kurang fit.

Namun, jika benar kondisi Marc Marquez kurang fit, maka hal tersebut tentu seolah menjadi berkah tersendiri bagi rival-rivalnya. Apalagi, cedera berkepanjangan juara bertahan ini membuat Honda tidak mampu mengembangkan riset dengan maksimal.

Pasalnya, Honda hanya mengandalkan Marc untuk mengembangkan RC213V 2020. Tanpa Marquez, rasanya sulit bagi Honda untuk memanen data-data terbaik di atas trek. Lagi-lagi, Honda tentu kebingungan.

Pasalnya mereka harus mengandalkan Cal Crutchlow untuk mengambil peran yang lebih besar. Dari perspektif ini, Honda bisa-bisa menghadapi pra-musim yang lebih keras daripada yang pernah mereka alami.

Mampukah Rossi Memanfaatkan?

Kondisi Marquez tentu membuat Valentino Rossi, Maverick Vinales dan tentunya Andrea Dovizioso mampu memanfaatkan kekurangan ini. Dalam kondisi fit, Marquez memang sulit ditandingi, tetapi dalam kondisi cedera tentu lain cerita.

Jelang seri pembuka, Rossi terus mengasah fisiknya. Rider tim Monster Energy Yamaha itu sudah mengasah kemampuan di ranch miliknya di Tavullia, Italia. Pembalap berusia 40 tahun ini menunggangi motocross Yamaha di VR46 Riders Academy bersama murid-muridnya. Fisik juara dunia 9 kali ini juga terlihat sedang sangat prima.

Tetapi dapatkah Rossi memanfaatkan kondisi ini? Semua tergantung pada hasil tes di Sepang yang akan berlangsung di sirkuit Sepang pada 7-9 Februari, sedangkan sesi berikutnya digelar pada sirkuit Losail 22-24 Februari.

REZA ERLANGGA

Video Terbaru Youtube The Official Oto