Beranda MOTORSPORTS Khawatir Virus Corona, MotoGP Qatar dan Thailand Batal Digelar!

Khawatir Virus Corona, MotoGP Qatar dan Thailand Batal Digelar!

JAKARTA, Motovaganza.com – Merebaknya virus Corona (Covid-19) membuat banyak hal berantakan. Termasuk jadwal balapan MotoGP musim 2000. Dua balapan, MotoGP Watar dan MotoGP Thailand resmi mengumumkan pembatalan balapan. Alasannya khawatir dengan penyebaran virus yang sudah menewaskan ratusan orang tersebut.

Tuan rumah Qatar terpaksa memberlakukan pembatasan kunjungan, untuk mencegah penyebaran virus corona. Kendati begitu, agenda balap kelas di bawahnya tetap berlangsung sesuai rencana. Jadwal semula, 6-8 Maret Sirkuit Losail akan menggelar balapan perdana Grand Prix (GP) 2020. Seluruh pembalap dan tim di kejuaraan ini tampak siap menjalani musim baru. Terlebih, persiapan mereka sudah memasuki tahap akhir karena Qatar merupakan lokasi tes pramusim pamungkas di sana. Didahului oleh pembalap MotoGP, lalu dilanjutkan pula para pertarung kelas kategori Moto2 dan Moto3.

Belakangan pemerintah khawatir dengan penyebaran virus mematikan ini. Wabah tersebut sudah menjangkiti 80 ribu orang di seluruh dunia. Setidaknya sudah 3 ribu orang meninggal dunia akibat virus corona. Bahkan menurut Motorsport.com, beberapa hari terakhir penyakit itu dikonfirmasi memasuki Qatar.

Situasi inilah yang akhirnya membuat federasi balap dunia beserta Dorna Sports (penyelenggara balapan), membatalkan helatan GP Qatar. “FIM, IRTA dan Dorna menyesal harus mengumumkan pembatalan seluruh sesi MotoGP termasuk balapan di Qatar,” tulis laman resmi MotoGP. Terlebih di negara tetangganya, Iran mengalami peningkatan infeksi.

Pemerintah Qatar sendiri disebutkan sudah menjalani pemeriksaan ketat. Termasuk di Bandara International Hamad (Doha). Ini jelas berpengaruh terhadap jalannya kejuaraan balap dunia itu. Selain MotoGP lain halnya dengan palagan kelas Moto3 dan Moto2. Semua tim dan pembalap sudah berada di Qatar untuk melaksanakan tes terakhir. Jadi, sangat dimungkinkan balapan keduanya tetap dihelat akhir pekan nanti. Semoga saja tetap berlangsung seru dan ramai penonton.

MotoGP Thailand

Yang terbaru adalah keputusan pemerintah Thailand untuk membatalkan pelaksanaan MotoGP Buri Ram. Balapan ini rencananya dijadwalkan berlangsung 2022 Maret 2020. Keputusan ini diumumkan langsung Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul pada Senin (2/3/2020).

Pengumuman ini disampaikan hanya beberapa jam setelah MotoGP Doha Qatar, yang menjadi pembuak, diumumkan pembatalan karena alasan yang sama. “Keputusan ini akan membuktikan bahwa Thailand mengambil langkah-langkah serius terhadap penyebaran penyakit ini di antara warga Thailand dan orang asing yang datang ke acara itu,” kata Anutin, yang juga wakil perdana menteri.

GP Thailand seharusnya menjadi seri kedua tahun ini. Juara dunia Marc Marquez memenangkan dua edisi terakhir MotoGP Thailand ketika masih diadakan pada bulan Oktober tahun 2018 dan 2019.

MotoGP adalah acara olahraga kelas dunia kedua yang dibatalkan tahun ini di Thailand. Sebelumnya LPGA Thailand dibatalkan dari jadwal bulan lalu. Sejauh ini, Thailand memiliki 42 kasus terinfeksi dengan satu kematian.

Sumber: Motorsport, nationthailand

Baca juga: Akibat Virus Corona, MotoGP Qatar Batal Dihelat

ARY DWINOVIANSYAH | ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto