Beranda CUSTOMIZED Ketika Ducati Panigale 899 Berwujud Cafe Racer

Ketika Ducati Panigale 899 Berwujud Cafe Racer

DETROIT, 16 Januari 2017 – Mengusung tema Naked Street Fighter, Ducati Panugale 899 yang bergenre sportsbike tampil gahar. Bagaimana jika motor asal Italia ini dirombak total dan berganti baju menjadi cafe racer?

Adalah rumah modifikasi asal Amerika Serikat bernama Benjies Cafe Racer (BRC) yang melakukannya. Ducati Panigale 899 garapan Benjies Cafe Racer inipun harus merubah warna khas merahnya menjadi black glossy kombinasi serat karbon di sekujur badan kekarnya.

Pabrikan motor asal Italia, Ducati memang terkenal untuk merancang motor bergenre sportsbike. Namun, beberapa produksinya mengharuskan pengendara mendapatkan posisi riding yang sedikit tidak nyaman karena bentuk kursi pengendara yang menukik. Di tangan rumah modifikasi yang kerap menggarap motor Jepang dan Eropa ini project Ducati Panigale 899 dibuat sangat apik dan finishing yang detail.

Sosok Panigale 899 memang masih terlihat kental karena pihak builder masih “membiarkan” buritan Panigale 899 yang khas dan tidak benar-benar “menelanjangi” motor dengan mesin yang dibekali dengan mesin Testastretta berkapasitas 899cc. Tidak mudah menjadikan sebuah sportsbike menjadi motor beraliran café racer yang khas dengan buritan membulat.

Bagian tersulit lainnya juga di rasakan builder pada bagian elektronik motor yang sebelumnya terletak ada di bagian fairing. Akhirnya, pihak BCR pun harus mau membuat sebuah cover khusus & casing untuk menjaga kerampingan motor asal Italia tersebut.

“Untuk mengatasi hal ini, kita buat ulang cover untuk pompa ABS, kotak baterai, reservoir pendingin, dan radiator bawah. Selain itu, panel bawah pun juga ikut dibuat & melekat pada tangki bensin bagian depan. Tidak hanya itu, Panel bagian bawah juga kami buat untuk meletakan segala perangkat elektronik berikut ECU & sisa elektronik lainnya,” ujar Benjie Flipprboi founder Benjies Cafe Racer.

Motor yang awalnya menggunakan warna merah ini pun kini dilabur menggunakan warna dominan hitam. Menariknya, beberapa bagian pun terlihat menggunakan bahan emas yang tidak disebutkan berapa gramnya, pada bagian list di lekuk body besarnya.

Benjie menjelaskan pengerjaan terbilang singkat, dan project ini pun masih akan terus berlanjut tidak hanya sampai disini saja. Kedepan ia juga akan sedikit merapihkan bagian buritan dan part lainnya terutama elektronik agar Panigale 899 ini terlihat lebih urban dan kental aroma balap motor khas Inggris, ACE café.

Berikut hasil karyanya…

ANDHIKA KRESNA