Beranda NEW BIKES Kelebihan Ducati Street Fighter V4 untuk Melawan Kawasaki Z H2

Kelebihan Ducati Street Fighter V4 untuk Melawan Kawasaki Z H2

BOLOGNA, 24 Oktober 2019 – Setelah berbulan-bulan menunggu, akhirnya kabar baik itu datang juga. Ducati akhirnya secara resmi mengumumkan kelahiran Ducati Streetfighter V4. Hypernaked ini hadir dalam dua varian, yakni V4 dan V4 S. Kehadiran keduanya merupakan jawaban Ducati atas tantangan Kawasaki yang baru saja merilis Kawasaki H2 di Tokyo Motor Show. Nah, mari kita ulas apa saja kelebihan Ducati Street Fight ter V4 untuk melawan Kawasaki Z H2. Begini ulasannya.

Kelebihan Ducati Street Fighter V4 yang pertama adalah pada mesinnya. Kedua versi Streetfighter V4 baru ini ditenagai oleh mesin Desmosedici Stradale 1.103cc dari V4 Panigale. Pada trim standar, mesin ini menghasilkan 208 hp (153 kW) pada 12.750 rpm, dan torsi 123 Nm pada 11.500 rpm.

Seperti yang diharapkan, Ducati telah men-tweak peta bahan bakar dan throttle untuk motor baru, yang ketika disatukan dengan rasio final drive yang lebih pendek (bila dibandingkan dengan Panigale V4 saudara kembarnya) memberikan torsi 10%  lebih besar dari Panigale V4. Bagi mereka yang merasa bahwa tenaga 208 hp yang dihasilkan Streetfighter cukup, tenang, Ducati menawarkan opsi knalpot Akrapovic yang akan meningkatkan daya hingga 220 hp dengan torsi hingga 130 Nm.

Kelebihan Ducati Streetfighter V4 yang kedua adalah suspensinya. Streetfighter V4 standar menggunakan Showa Big Piston Forks berdiameter 43 mm. Di bagian belakang, ada peredam kejut Sachs yang sepenuhnya dapat disetel. Peredam kemudi Sachs melengkapi paket front-end. Seperti halnya Panigale V4 dan V4 S, spesifikasi yang lebih tinggi mendapatkan suspensi elektronik Öhlins, peredam kemudi Öhlins, dan velg Marchesini yang ringan.

Seperti yang disebutkan di atas, Streetfighter V4 S mendapat garpu depan Öhlins NIX-30 dengan spesifikasi tertinggi, peredam kejut belakang Öhlins TTX36 dan peredam kemudi Öhlins yang dikendalikan secara elektronik. Seperti halnya Panigale V4 S, seluruh sistem suspensi dapat diatur. Sistem ini juga memungkinkan Anda untuk mematikan bantuan elektronik dan menggunakan suspensi dengan cara yang sepenuhnya pasif.

Kelebihan Ducati Streetfighter V4 ketiga adalah sayap aerodinamis. Winglets adalah aksesori yang harus dimiliki untuk setiap sepeda motor berkinerja tinggi. Trend ini memang dipopulerkan oleh Ducati di ajang MotoGP. Rupanya, trend itu diteruskan Ducati pada produk massalnya. Hasilnya, Streetfighter memiliki dua set winglet yang oleh Ducati disebut sayap biplan, dan dipasang di setiap sisi panel samping motor. Ducati mengklaim bahwa sayap ini dapat menghasilkan 28 kg downforce pada 267 km/jam. Sayap yang merupakan bantuan dari tim MotoGP Ducati itu juga diklaim membantu mendinginkan mesin, dengan meningkatkan kecepatan aliran air dan oli radiator masing-masing sebesar 2% dan 10%.

Kelebihan Ducati Streetfighter V4 yang keempat terletak pada rangkanya. Seperti halnya keluarga Panigale lainnya, Streetfighter menggunakan rangka depan yang ringan dan minimalis, serta memasang mesin di bagian tengah dan memasang subframe teralis di belakang kepala silinder.

Kelebihan Ducati Streetfighter V4 kelima adalah spesifikasi remnya. Ducati Streetfighter V4 menggunakan rem Brembo Stylema monobloc dengan cakram berdiameter 330mm di bagian depan. Rem belakang menggunakan cakram tunggal 245 mm dan kaliper 2-piston. Sistem pengereman dan ABS semuanya diatur melalui sistem IMU dan Ducati Cornering ABS EVO.

Berbekal lima kelebihan teknis yang diandalkan oleh Ducati Streetfighter V4, pabrikan asal Bologna itu sangat percaya diri mampu meladeni tantangan Kawasaki dengan Z H2 yang dilengkapi supercharger. Namun, pada siapakah publik akan berpihak?

REZA ERLANGGA

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Jakarta Helmet Exhibition Dibuka, Waktunya Cari Helm dan Apparel Baru

JAKARTA, Motovaganza.com – Jakarta Helmet Exhibition (JHE) resmi dibuka hari ini. Satu-satunya pameran khusus helm branded kualitas dunia dan safety gear serta apparel ini...

Keren, Modifikasi Motor di RSS Konsultasi Langsung Pembalap Profesional

JAKARTA, Motovaganza.com – Mekar Motor membuka cabang ketiganya di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat bernama Yamaha Mekar Service Centre. Lokasi ini menjadi lokasi...

Melek Dunia Digital, Mekar Motor Resmikan Website Resmi

CIBINONG, Motovaganza.com – Mekar Motor tak hanya memperluas jaringannya dengan membuka cabang ketiganya di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat bernama Yamaha Mekar Service...

Yamaha Mekar Service Center, Bengkel Premium dengan Fasilitas Modern

CIBINONG, Motovaganza.com – Mekar Motor kian meluaskan jaringannya. Mereka membuka cabang ketiganya di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat bernama Yamaha Mekar Service Centre....

Puluhan Merek Siap Ramaikan Jakarta Helmet Exhibiton 2020 di FX Senayan

JAKARTA, Motovaganza.com – Puluhan merek helm baik dalam maupun luar negeri siap meramaikan Jakarta Helmet Exhibition (JHE) 2020. Di tahun ke-7 pelaksanaannya, pameran helm...