Beranda CUSTOMIZED Inilah BMW Concept R18 yang Akan Melawan Harley-Davidson di 2020

Inilah BMW Concept R18 yang Akan Melawan Harley-Davidson di 2020

Italia, 31 Mei 2019 – BMW Motorrad memang hanya memiliki BMW R Nine T yang berada di segmen motor retro (BMW Motorrad menyebutnya Heritage). Namun, semua itu akan berubah setelah hadirnya Concept R18, Concorso d’Eleganza Villa d’Este tahun ini. Jika diproduksi, konsep cruiser menawan ini akan berhadapan dengan motor-motor retro Harley-Davidson, hingga Triumph Bobber.

Mengusung desain retro, BMW Concept R18 merupakan edisi tribute pada R5 yang diproduksi pada tahun 1936. Tidak heran jika ‘tongkrongan’ keduanya terlihat mirip dengan tangki bahan bakar berbentuk teardrop, dan poros penggerak yang terbuka. BMW Motorrad sengaja mengurangi perangkat bantu elektronika untuk menjaga mesin dan motor sebisa mungkin terbebas dari kabel-kabel.

Tujuannya menjaga totalitas clean look yang diembannya. Di sektor kaki-kaki, motor ini menggunakan frame cradle, shockbreaker tunggal di belakang, roda berukuran 21 inci di depan, dan 18 inci di belakang.

BMW Concept R18 menggunakan mesin boxer berkapasitas 1.800 cc baru, dengan blok mesin dan transmisi terbuat dari alumunium. Motor ini juga menggunakan karburator Solex (mirip dengan BMW 2002) dan ban lansiran Metzeler. Kabar baiknya, motor karya Bart Janssen Groesbeek ini akan akan diproduksi pada tahun 2020.