Beranda ACCESSORIES Inilah Alasan Mengapa Bridgestone S22 Menjadi Pilihan Ban Sport Terbaik

Inilah Alasan Mengapa Bridgestone S22 Menjadi Pilihan Ban Sport Terbaik

JAKARTA, 16 Desember 2019 — Roda evolusi berputar dengan sangat cepat, termasuk dalam inovasi teknologi ban untuk motor sport. Di sinilah para produsen memamerkan keterampilan dan keahlian mereka untuk meracik ban yang tidak hanya menyajikan grip, namun juga dapat dijual dengan harga ekonomis. Persaingan di antara mereka pun menjadi sangat sengit.

Sebuah ban yang paripurna, memiliki kriteria-kriteria tertentu. Seperti mampu meningkatkan pengendalian, tingkat ketepatan kemudi, memberi umpan balik, stabilitas ketika menikung, ketepatan menikung saat balapan, grip saat menikung dan akselerasi, hingga menyalurkan torsi dengan baik.

Sayangnya, semua manufaktur ban mengklaim ban mereka telah memenuhi kriteria tersebut di atas. Lalu, apakah kita serta merta menerima klaim tersebut? Tentu saja tidak, karena dibutuhkan sebuah komparasi yang komprehensif untuk mengetahui ban terbaik di pasaran saat ini.

Komparasi harus dilakukan di lintasan tertutup dengan kondisi pengujian relatif sama. Inilah yang kemudian dilakukan oleh Motorrad (media asal Jerman) ketika  mencari ban terbaik. Mereka menguji ban baru lansiran Bridgestone yaitu Bridgestone Batlax S22 melawan kompetitor dari merek lain. Agar objektif, pengujian dilakukan dengan memasang satu set ban di motor Yamaha R1, dankemudian melalui simulasi berkendara di atas trek kering dan basah. Pengujian dilakukan di atas trek sepanjang 2,5 kilometer yang merupakan perpaduan ideal dari jalan raya dan trek balap yang tricky.

PENGUJIAN KERING

Pengujian pertama dilakukan ketika trek kering dan ban masih dalam kondisi dingin. Bridgestone Batlax S22 mendapatkan angka 9 dari 10 poin maksimal. Ketika pengujian pengendalian dengan nilai maksimum 20 poin, Bridgestone Batlax S22 membukukan 19 poin dari 20 poin maksimal. Ban Batlax S22 juga meraup 19 poin dan hanya terpaut satu poin menuju nilai sempurna dalam sektor ini.

Ban Bridgestone S22 pun dinilai memberikan informasi (umpan balik) terbaik pada pengendara, ketimbang ban lainnya. Di sektor ini Batlax S22 mendapatkan 19 poin. Begitu pula untuk urusan stabilitas menikung, lagi-lagi Batlax S22 unggul. Ban ini dinilai hampir sempurna dengan membukukan 19 poin dari 20 poin maksimum.

Pada pengujian stabilitas menikung menggunakan motor sport, Batlax S22 mendapat 18 poin, dan 19 poin untuk katagori cengkraman ketika menikung dan berakselerasi. Dalam hal ambang batas toleransi sebelum kehilangan grip, serta penyaluran torsi, S22 kembali tampil apik. Dalam katagori ini, Bridgesone S22 membukukan 9 poin dari 10 nilai maksimum yang diberikan.

Pada akhir pengujian di atas trek kering, Bridgestone membukukan 140 poin dan berhak menggondol posisi satu. Hal ini didapat berkat karakter seimbang S22. Ban ini juga paling meyakinkan di tikungan.

PENGUJIAN BASAH

Performa di atas trek basah telah menjadi salah satu prioritas utama setiap desainer ban sport, termasuk ahli ban Bridgestone. Karenanya mereka meracik ramuan istimewa ketika membuat S22. Di atas trek basah, Batlax S22 memberikan pengendalian terbaik dengan 8 poin dari 10 poin maksimum. Ban S22 juga memberi ketepatan kemudi terbaik di atas trek basah dan diganjar 19 poin dari 20 poin maksimal. Ketika menikung, performanya cukup baik dan diberi 18 poin dari 20 poin maksimal. Angka sama ditorehkan pada pengujian grip akselerasi. Dalam hal ambang batas toleransi sebelum kehilangan grip di atas trek basah, S22 mendapat poin 17 dari 20 poin maksimal.

Hal yang patut dipuji pada S22 adalah ketika dilakukan deselerasi dengan cara pengereman. Performa ban Jepang ini hampir sempurna, dan membukukan 9 poin dari 10 poin maksimal di sektor ini. Jarak pengereman dari 100-0 kpj mencapai 43,8 meter (terbaik dalam pengujian ini). Sebagai perbandingan, ban merek lain rata-rara butuh jarak 44,9 m hingga 47 meter untuk berhenti total.

Kesimpulan dari pengetesan di atas trek kering dan basah, Batlax S22 memimpin pengujian karena performanya di jalanan sempurna, bahkan ketika hujan tiba. Ban ini yang paling stabil di semua pengujian. Bagi Anda yang menyukai sensasi berkendara sporty tentu akan jatuh cinta pada ban ini. Begitu pula bagi pencinta tikungan, rasakan cengkraman ban yang tidak hanya meningkatkan rasa percaya diri ketika berkendara, namun juga menjaga Anda pada setiap kondisi.

REZA ERLANGGA

Last Updates

Honda BeAT Generasi Baru Meluncur, Dijual Mulai Rp 16,4 Juta

JAKARTA, Motovaganza.com – PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan All New Honda BeAT series di Kemayoran, Jakarta, hari...

Yamaha XSR 155 Siap Sapa Warga di Sidoarjo 

SIDOARJO, Motovaganza.com – Setelah diperkenalkan di Jakarta, produk terbaru Yamaha XSR 155 siap melakukan roadshow ke seluruh wilayah Indonesia. Salah...

Skuter Listrik Harley-Davidson Kok Mirip Sepeda Ya?

MILWAUKEE, Motovaganza.com - Respon terhadap Harley-Davidson LiveWire boleh jadi ‘adem-ayem’. Pasalnya, publik dunia dan Amerika Serikat, seolah masih tak terbiasa...

Honda Luncurkan Model Baru Besok, Apakah BeAT?

JAKARTA, Motovaganza.com – Honda akan menjadi pabrikan roda dua pertama yang memperkenalkan produk barunya di awal 2020. Hal ini dikonfirmasikan...

Servis Vespa dan Piaggio, Ada Diskon dan Gratis Oli

JAKARTA, Motovaganza.com – PT Piaggio Indonesia tak mau ketinggalan memberikan layanan bagi konsumen. Menghadapi curah hujan yang masih tinggi dan...