Beranda BLOGS Ini Langkah Agar Tampilan Motor Anda Tak Kusam

Ini Langkah Agar Tampilan Motor Anda Tak Kusam

JAKARTA, 14 Desember 2018 – Musim penghujan memang menjadi musim yang paling tidak menyenangkan bagi pengendara motor. Selain kehujanan, sepeda motor juga cepat menjadi kotor. Hal ini tentunya membuat perawatan motor kesayangan menjadi lebih ekstra.

Hujan akan membuat banyak tanah, lumpur, dan air kotor menempel di bodi motor. Hal ini tentunya tak sedap dipandang. Cat motor juga bisa cepat kusam. Bahkan ujubng-ujungnya bodi bisa keropos.

Nah, Anda tentu saja harus rajin melakukan perawatan agar motor tetap tampak kinclong. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk membuat bodi motor tetap tampak cerah. Ini tips dari Suzuki.

Rutin Mencuci

Hal yang paling penting untuk menjaga bodi motor tak kusam adalah rutin mencucinya. Dengan terus menjaga kebersihan motor, paling tidak kita bisa memelihara motor agar tampak tetap mengilap. Biasakanlah mencuci motor minimal seminggu dua kali. Saat mencuci, pakailah sampo khusus motor dan bukan deterjen. Pasalnya deterjen bisa membuat warna cat motor menjadi mudah kusam dan pudar.

Bersihkan Secara Detil

Kebanyakan orang hanya membersihkan motor di bagian yang tampak saja. Padahal, ada beberapa komponen metal yang sebenarnya bisa dijaga tetap mengilap. Pakailah sikat gigi bekas dan kuas untuk membersihkan sudut-sudut tak terjangkau pada motor. Jika ada bekas oli yang mungkin menempel, gosoklah dengan kain yang diberi sedikit bensin.

Segera Cuci Setelah Terkena Hujan

Jika motor baru saja terkena air hujan, segera cuci. Ini penting untuk dilakukan segera agar air hujan tidak terlalu lama menempel di bodi motor. Air hujan terdapat zat garam yang memiliki sifat korosif dan bisa membuat komponen metal motor menjadi berkarat dan bisa membuat cat bodi motor menjadi kusam. Jangan langsung lap motor setelah terkena hujan karena debu-debu yang menempel di motor bisa membuat bodi motor menjadi lecet. Siramkan air dulu ke seluruh motor agar debu yang menempel hilang, baru proses mencuci motor dilakukan.

Poles Secara Rutin

Selanjutnya adalah poles motor secara rutin. Berikan polish wax supaya bodi motor tetap mengilap dan tidak tampak kusam. Jangan lupa oles juga bagian kulit jeruk motor supaya tetap terlihat baru.

Parkir di Tempat Teduh

Jika Anda ke suatu tempat, carilah lokasi parkir motor yang teduh. Jangan biarkan motor diparkir di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Jika memang sulit mencari parkiran motor yang teduh, gunakan cover motor agar motor tidak terpapar sinar matahari langsung.

Nah, semoga bermanfaat!

RAJU FEBRIAN

Last Updates

Sambut BMW GS Trophy, BMW Siapkan Pembalap WSSP300

Jakarta, 17 Mei 2019 - BMW GS Trophy adalah ajang adu ketangguhan bagi para pengguna BMW tipe GS dari seluruh dunia. Ajang ini pertama...

GS Trophy 2020 Qualifier Indonesia Siap Digelar

Jakarta, 16 Mei 2019 – Apakah Anda pemilik motor BMW tipe GS yang suka bertualang? Atau, apakah Anda berpikir mampu mengendarai motor BMW GS...

Ini Daftar Helm Fullface Termahal di Dunia

Jakarta, 15 Mei 2019 - Helm tidak hanya menjadi perangkat keselamatan yang paling penting karena melindungi kepala kita. Tidak heran begitu banyak para bikers...

H-D Sponsori Tim Formula E Demi Berjualan Motor Listrik?

Milwaukee, 14 Mei 2019 - Harley-Davidson berkiprah di ajang balapan Formula E dengan menjadi sponsor tim Envision Virgin Racing. Salah satu nama terkemuka dalam...

Inilah 8 Motor Bertorsi Terbesar di Dunia

Jakarta, 13 Mei 2019 – Torsi dan horse power adalah istilah yang amat sering kita dengar atau baca ketika sedang membahas produk otomotif roda...