Beranda NEW BIKES Ini Keistimewaan Triumph Tiger 900 Terbaru yang Perlu Anda Ketahui

Ini Keistimewaan Triumph Tiger 900 Terbaru yang Perlu Anda Ketahui

HINKLEY, 6 Desember 2019 – Pada bulan November silam, Triumph merilis video teaser Tiger 900 berdurasi 18 detik saja. Meski singkat, sontak video itu menggoda iman kami. Otak kami berputar kencang dan benak kami bertanya-tanya seperti apa sosoknya, bagaimana spesifikasinya, hingga sedahsyat apa performanya.

Bagi kami, dibutuhkan sekadar motor baru untuk menggantikan Triumph Tiger generasi sebelumnya. Mengapa? Karena racikan Triumph untuk Tiger sudah sangat mewakili ekspektasi pencari motor petualangan berkapasitas 800-an cc; motornya ringan, fiturnya menarik, dan value for money-nya numero uno.

Jadi, jika Triumph ngotot membuat Tiger generasi baru so it’s better be good, atau semua yang dibangun Triumph sejak meluncurkan Tiger pertama kali pada tahun 2010 akan hancur. Mari kita cari tahu apa sih yang ditawarkan Tiger 900?

Di sektor mesin, Tiger terbaru menggunakan mesin tiga silinder, 900 cc. Menariknya, firing order (urutan pembakaran pada mesin dengan lebih dari satu silinder) mesin baru ini -1-3-2- yang menurut Triumph membuat motor lebih responsif. Hasilnya, performa mesin baru ini naik 9% menjadi 93 hp pada 8.750 rpm. Torsinya naik 10% menjadi 87Nm pada 7.250rpm.

Tiger GT Pro

Guna meneguhkan posisi Triumph Tiger terbaru di segmen motor adventure kelas menengah, sekarang mereka menghadirkan sistem ABS dan kontrol traksi (dikontrol IMU) yang dikembangkan Continental, pada GT, GT Pro, varian Rally dan Rally Pro.

Seperti Tiger yang lama, Tiger 900 yang baru dibekali sejumlah mode pengendaraan yang menyesuaikan peta throttle, ABS, dan pengaturan kontrol traksi untuk mendapatkan performa dan kontrol yang optimal.

Untuk Tiger 900 Rally Pro, mode pengendaraan yang tersedia adalah Rain, Road, Sport, Off-Road, Rider configurable dan Off-Road Pro. Tiger 900 GT Pro: Rain, Road, Sport, Off-Road & Rider configurable & Off-Road Pro. Sementara Tiger 900 Rally dan Tiger 900 GT menyediakan Rain, Road, Sport & Off-Road. Khusus Tiger 900 tersedia: Rain & Road saja.

Model GT, GT Pro, Rally dan Rally Pro juga dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan seperti cruise control, dan heated grip. Model GT Pro dan Rally Pro spesifikasi atas juga mendapatkan jok berpemanas, dan sistem pemantauan tekanan ban sebagai fitur standar.

Rally Pro

Tiger 900 entry level sekarang dilengkapi dengan layar informasi TFT 5 inci, sementara model di atasnya menggunakan layar berukuran 7 inci. Triumph mengklaim bahwa sistem ini akan siap digunakan dengan sistem konektivitas My Triumph Bluetooth – memungkinkan kontrol telepon handsfree, pemilihan musik MP3 dan navigasi pada versi GT Pro dan Rally Pro.

Mesinnya didudukkan pada rangka trellis baru. Rangka ini diklaim lebih ringan karena menggunakan subframe model bolt-on alumunium. Melengkapinya, pada varian entry level, suspensi depan menggunakan USD berdiameter 45 mm (non-adjustable) dan  preload-adjustable monoshock di belakang. The GT and GT Pro, menggunakan garpu depan USD 45 mm dengan pengaturan kompresi dan rebound. Suspensi belakangnya juga dapat diatur preload dan rebound-nya.

Jarak main suspensi depan itu mencapai 18 0mm , sementara suspensi belakang memiliki travel 170 mm. Rally dan Rally Pro mendapatkan suspensi Showa 45 mm yang dapat disesuaikan. Travelnya mencapai 240 mm di depan dan 230 mm di belakang. Sementara untuk pengeremannya menggunakan Brembo Stylema dengan kaliper empat piston dengan diameter 320 mm di depan serta kaliper 1 piston dengan cakram 255 mm di belakang. Versi GT dan Rally mendapatkan pengaturan yang sama namun dengan tambahan cornering ABS.

Bannya menggunakan ukuran 19 inci di depan dan 17 inci di belakang. Sementara Rally dan Rally Pro memakai velg jari-jari berukuran 21 inci di depan.

REZA ERLANGGA

 

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Perbandingan Honda Beat Baru, Suzuki Nex II dan Yamaha Mio M3

JAKARTA, Motovaganza.com -- Honda BeAT tak lagi ketinggalan dari Suzuki Nex II. Bahasannya tentu menyasar soal fitur, karena PT Astra...

Ini Daftar Ubahan All New Honda BeAT Baru

JAKARTA, Motovaganza.com – Honda akhirnya secara resmi meluncurkan Honda BeAT series generasi terbaru di Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/1/2020) kemarin. Skutik...

Catat! Marc Marquez Kunjungi Jakarta 4 Februari 2020

JAKARTA, Motovaganza.com - Marc Marquez akan berkunjung ke Jakarta, 4 Februari 2020. Kunjungan tersebut dalam rangka peluncuran secara resmi tim...

Honda BeAT Street Terbaru, Tampil Beda dan Dijual Mulai Rp 17,15 Juta

JAKARTA, Motovaganza.com -- Selain BeAT versi standar, PT Astra Honda Motor (AHM) juga merilis varian BeAT Street di Jakarta, hari...

Honda BeAT Generasi Baru Meluncur, Dijual Mulai Rp 16,4 Juta

JAKARTA, Motovaganza.com – PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan All New Honda BeAT series di Kemayoran, Jakarta, hari...