Beranda UPDATES Ini Alasan Sam Lowes Pilih Aprilia di MotoGP

Ini Alasan Sam Lowes Pilih Aprilia di MotoGP

JAKARTA, 3 Mei 2016 — Pembalap Tim Federal Oil Gresini Racing, Sam Lowes, bakal meninggalkan Moto2 dan hijrah ke MotoGP musim depan. Ia memilih bergabung bersama Tim Aprilia. Bertarung di kelas para ‘raja’ tentu menjadi tantangan baru, terlebih tim yang nanti dibela bisa dikatakan pendatang baru.

Lowes mengatakan musim depan merupakan waktu yang tepat jika ingin pindah ke MotoGP mengingat tahun ini dia punya kans besar jadi Juara Dunia Moto2. Selain itu, rider Inggris ini percaya kualitas Aprilia sebagai manufaktur sepeda motor terkemuka.

“Ini waktunya memilih. Sebab jenjangnya Juara Dunia Moto2 biasanya naik kelas ke MotoGP. Jika tahun depan (dan tidak juara) belum tentu lagi,” kata Lowes di kantor pusat PT Astra Otoparts, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (2/5).

Lowes yakin berlabuh di Aprilia karena statusnya sebagai pebalap tim pabrikan yang jelas punya keunggulan dari segi riset dan pengembangan motor. Beda halnya jika menjadi rider tim satelit sekelas Yamaha Monster Tech atau lainnya.

“Aprilia adalah tim pabrikan, bukan tim satelit. Pabrikan itu kalau membuat motor untuk pebalapnya, beda dengan tim satelit. Banyak peluang untuk itu di tim pabrikan. Saya percaya untuk 2-3 tahun bisa menyamai Suzuki Ecstar,” katanya.

Juni mendatang, rider 26 tahun tersebut akan mencoba pertama kali Aprilia RS-GP. Namun dia belum merinci apakah test tersebut akan dilakukan jelang atau pasca MotoGP Catalunya, Spanyol (5/6).

“MotoGP memang sangat berbeda dengan motor Moto2 yang semuanya dilakukan secara manual. Saya hanya berpikir bagaimana harus cepat di lintasan dan juga saat di tikungan, dan itu mengalir begitu saja,” pungkas Lowes.

ANDHIKA KRESNA