Beranda UPDATES IIMS 2020 Batal, Bagaimana dengan Motobike Expo?

IIMS 2020 Batal, Bagaimana dengan Motobike Expo?

JAKARTA, Motovaganza.com – Gelaran pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 resmi ditunda. Pameran otomotif tahunan itu sedianya digelar pada 9 – 19 April 2020 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Setelah diundur, Dyandra Promosindo selaku pihak penyelenggara memutuskan untuk tidak menggelar pameran tersebut tahun ini. Bagaimana dengan IIMS Motobike Show 2020?

Selain IIMS 2020, Dyandra punya satu lagi event otomotif besar yaitu IIMS Motobike Expo. Ini adalah pameran otomotif khusus sepeda motor beserta industry after market roda dua. Rencannya pameran sepeda motor itu akan berlangsung pada 3 – 5 Juli 2020 di Istora GBK Senayan, Jakarta. Dengan kata lain, penyelengaraannya tinggal dua bulan lagi. Namun dengan kondisi pandemi COVID-19, jadwal tersebut tentu jadi tanda tanya.

Pihak penyelenggara masih berharap kondisi Indonesia di bulan mendatang semakin membaik sehingga pameran tersebut dapat terlaksana sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Meski demikian Dyandra tidak mau memaksakan pameran tetap berlangsung jika kondisi dan situasi belum kondusif gara-gara wabah corona.

IIMS Motobike Expo 2020 masih on schedule, mungkin kami dapat berkat saat bulan Ramadan, mudah-mudahan keadaan makin baik. Mungkin saat itu kami ambil keputusan, kami juga enggak mau ambil keputusanan mepet-mepet hari ‘H’ karena ini menyangkut kesiapan peserta pameran dan sepeda motornya,” kata Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo.

Baca juga: Benelli Imperialle 400, Motor Terbaik Versi Pengunjung IIMS Motobike Expo 2019

Akhir Tahun

Kalau pun memungkinkan, Hendra mengungkapkan akhir tahun menjadi waktu yang paling pas untuk menghadirkan ajangnya para pecinta kendaraan roda dua di Tanah Air itu. Hal ini sama seperti Motobike 2019 yang dilangsungkan 29 November – 1 Desember. Namun Kohen mengakui pihaknya masih menunggu dan terus memantau perkembangannya.

“Ya kami masih pilih ”wait and see”, kami ada dua skenario, pertama IIMS 2020 tetap dilakukan akhir tahun. Skenario kedua bila IIMS 2020 tidak jadi terlaksana akhir tahun ini maka kami akan menyelenggarakannya tahun depan. Jika demikian maka IIMS Motobike Expo 2020 akan kami buat lebih besar. Segala kemungkinan ini kami akan pelajari terus karena kami harus melihat situasi mana yang paling pas, karena event yang diselenggarakan bulan Juli itu tidak ada garansi juga untuk kami laksanakan,” jelas Kohen.

Baca juga: IIMS 2020 Resmi Batal, Digelar Februari Tahun Depan

Tahun Kedua

IIMS Motobike Expo merupakan ajang yang digelar Dyandra untuk segmen roda dua. Tahun ini, event tersebut diperkenalkan pada Februari lalu. Tahun ini merupakan kali kedua penyelenggaraan. “Pameran ini merupakan wadah yang tepat untuk mempertemukan pecinta motor dan pelaku industri kendaraan roda dua dalam memperkenalkan produk terbaru, teknologi dan inovasi mereka,” ujar Kohen.

Pada tahun pertama, 2019 lalu, Istora GBK Senayan disulap menjadi lokasi pameran. Berbagai kegiatan dilakukan dan diikuti banyak merek sepeda motor. Tercatat 16 brand motor, antara lain Benelli, BMW Motorrad, Cleveland, Honda, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Lambretta, Peugeot Scooters, Piaggio, Triumph Motorcycles, Vespa, dan Yamaha.

Sementara dari segmen motor listrik, terdapat nama BF Goodrich, Gesits dan Selis. Industri aksesoris juga ikut hadir mulai dari helm, apparel dan sebagainya. Setidaknya 133 unit motor berhasil terjual dalam pameran itu, dengan nilai transaksi sebesar Rp 9,4 miliar dan after market Rp 1,6 miliar. Total transaksi ketika itu mencapai Rp 11 miliar. Adapun jumlah pengunjung sebanyak 30.800 orang.

Baca juga: Benelli Imperialle 400, Motor Terbaik Versi Pengunjung IIMS Motobike Expo 2019

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto