Beranda UPDATES Hypersport Pro, Superbike Listrik Kolaborasi BlackBerry dan Damon Motorcycles

Hypersport Pro, Superbike Listrik Kolaborasi BlackBerry dan Damon Motorcycles

ONTARIO, Motovaganza.com – Sebuah kolaborasi menarik terjadi di awal tahun ini. BlackBerry perusahaan yang dulu terkenal dengan perangkatnya, melakukan kerjasama dengan Damon Motorcycles menciptakan motor listrik.

Hypersport Pro Electric Superbike ini akan dikenalkan di CES. Motor ini salah satunya menggunakan QNX operating system dari BlackBerry. Sebagaimana dikutip dari prnewswire.com, bagian dari kerjasama ini Damon menggunakan teknologi BlackBerry QNX yang menjadi sistem operasi terbaik yang ada di pasar saat ini untuk perangkat keamanan yang disebut dengan CoPilot warning system.

Sistem peringatan CoPilot ini menggunakan radar, kamera, dan non-visual sensor lainnya untuk menganalisa kecepatan dan arah objek-objek yang berada di sekitar motor. Bahkan jika diperlukan, sistem ini akan memberikan peringatan kepada pengendara jika ada objek yang mendekat dan dianggap membahayakan pengendara.

Seperti dilansir engadget.com, BlackBerry berjanji collision warning system atau sistem peringatan dini ini sangat aman. Diharapkan sistem ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendaranya.

Teknologi lain yang diusung motor ini adalah Shift yang bisa secara elektronik mengatur riding position Hypersport ketika masih berjalan.

Produksi Terbatas

Untuk sementara Hypersport Pro ini akan diproduksi dalam jumlah terbatas. Anda bisa berkunjung ke booth BlackBerry di CES pada 7 Januari besok. Di booth ini Anda bisa mencoba kemampuan motor ini dengan menggunakan Virtual Reality (VR).

Jay Giraud, Kepala Eksekutif Damon Motorcycles mengatakan selama 3 tahun terakhir, pihaknya mengembangkan platform e-motor bertenaga AI yang menggabungkan CoPilot dan sistem peringatan 360 derajat. Dengan menggunakan teknologi terbaik BlackBerry, sepeda motor Damon ini akan menjadi motor listrik paling aman dan paling canggih di pasar,” katanya.

Sementara Grant Courville, VP, Manajemen Produk dan Strategi, BlackBerry QNX mengatakan dengan sistem peringatan tabrakan yang canggih, Hypersport Pro milik Damon akan menjad terobosan baru dakam industri sepeda motor.

“Kami tidak sabar ini menunjukkan kemampuan perangkat lunak yang mampu meningkatkan kewaspadaan dan keamanan pengendara motor. BlackBerry QNX terdepan dalam mobile system dengan menyediakan platform yang aman dan terlindungi untuk kendaraan.”

Hingga saat ini BlackBerry QNX digunakan lebih dari 150 jta kendaraan dan jutaan sistem termasuk di bilang kesehatan, medis, industri, robotic, pertahanan, dan aplikasi ruang angkasa.

Ini merupakan kolaborasi pertama antara kedua perusahaan asal Kanada tersebut. BlackBerry bermarkas di Waterloo, Ontario, sementara Damon merupakan pabrikan asal Vancover, Kanada.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto