Beranda NEW BIKES Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 Masuk Indonesia? Begini Faktanya

Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 Masuk Indonesia? Begini Faktanya

INDIA, 10 Desember 2019 – Husqvarna -perusahaan motor asal Swedia yang dikuasai KTM- punya beragam rencana hebat tahun ini, dan beberapa tahun ke depan. Berbekal sokongan finansial dari KTM yang menjadi induknya, mereka akan meluncurkan beberapa model terbaru untuk pasar motor berkembang.

Contohnya, seperti dilansir oleh Indianautosblog Hasqvarna memperkenalkan Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 di India Bike Week 2019 (7/12). Mengapa mereka memilih India sebagai tempat melakukan debut dunia kedua motor itu? Mari kita analisa. Pertama, tentu karena India merupakan salah satu pasar motor terbesar di dunia, sehingga impresi positif dibutuhkan Husqvarna di sana untuk meraih potensi penjualan.

Kedua, karena KTM memiliki fasilitas produksi di sana, dan mereka memproduksi motor KTM berkapasitas up to 390 cc juga di sana. Nah, Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 berbasis KTM 250 Duke dan diproduksi di pabrik KTM di India (mulai terlihat benang merahnya?). Nantinya, jika mulai diproduksi dan dijual di India tahun depan, tak elok jika Husqvarna tidak diproduksi di fasilitas Chakan Bajaj-KTM di Chakan dekat Pune. Selain berbasis sama, juga hemat biaya produksi.

Hal ini kian menarik karena KTM Duke 250 yang menjadi basis motor baru Husqvarna, diimpor dan dijual di Indonesia. Maka bukan tidak mungkin Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 juga akan dijual di Indonesia, menyusul Husqvarna Vitpilen 401 dan Husqvarna Svartpilen 401 yang sudah terlebih dahulu mencicipi pasar motor kelas menengah. Namun, berbeda dengan kakaknya Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 akan dijual dengan harga lebih bersahabat.

Gaya Svartpilen 250 dan Vitpilen 250 identik dengan varian 401. Svartpilen 250 menampilkan gaya yang kokoh, ergonomi tegak dan ban serbaguna. Vitpilen 250 menawarkan desain yang lebih sporty, setang clip-on, dan posisi mengendarai yang condong ke depan. Fitur utama lainnya dari Husqvarna Svartpilen 250 dan Vitpilen 250 termasuk pencahayaan LED penuh (lampu, lampu belakang dan indikator) dan layar digital.

Beralih ke aspek teknis motor. Mesin Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 berkapasitas 248,8 cc single-silinder, berpendingin cairan, yang berbasis mesin KTM 250 Duke. Tenaganya mencapai 30 PS dengan torsi 24 Nm. Namun, tidak ada konfirmasi resmi jika sepeda ini mendapatkan slipper clutch atau tidak.

Seperti KTM Duke 250 , Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 dibangun di sekitar kerangka teralis yang dilengkapi dengan sub-bingkai. Tugas penyerapan goncangan dilakukan oleh garpu depan USD berdiameter 43 mm lansiran WP. Di belakang, menggunakan mono-shock preload juga dari WP.

Pada sistem pengereman, digunakan rem ABS dua kanal, sama dengan yang dipakai KTM Duke 250. Sayangnya, meski banyak berbagi komponen dengan KTM Duke 250, namun di sektor ban, Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250 justru menggunakan ban ban MRF Revz (KTM 250 menggunakan ban Metzeler). Selain itu, Svartpilen 250 memiliki ketinggian kursi 835 mm, dan ground clearance 145 mm. Tangki bahan bakarnya dapat menyimpan 9,5 liter bensin dan bobotnya 154 kg (tanpa bahan bakar).

REZA ERLANGGA

Last Updates

Honda BeAT Generasi Baru Meluncur, Dijual Mulai Rp 16,4 Juta

JAKARTA, Motovaganza.com – PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan All New Honda BeAT series di Kemayoran, Jakarta, hari...

Yamaha XSR 155 Siap Sapa Warga di Sidoarjo 

SIDOARJO, Motovaganza.com – Setelah diperkenalkan di Jakarta, produk terbaru Yamaha XSR 155 siap melakukan roadshow ke seluruh wilayah Indonesia. Salah...

Skuter Listrik Harley-Davidson Kok Mirip Sepeda Ya?

MILWAUKEE, Motovaganza.com - Respon terhadap Harley-Davidson LiveWire boleh jadi ‘adem-ayem’. Pasalnya, publik dunia dan Amerika Serikat, seolah masih tak terbiasa...

Honda Luncurkan Model Baru Besok, Apakah BeAT?

JAKARTA, Motovaganza.com – Honda akan menjadi pabrikan roda dua pertama yang memperkenalkan produk barunya di awal 2020. Hal ini dikonfirmasikan...

Servis Vespa dan Piaggio, Ada Diskon dan Gratis Oli

JAKARTA, Motovaganza.com – PT Piaggio Indonesia tak mau ketinggalan memberikan layanan bagi konsumen. Menghadapi curah hujan yang masih tinggi dan...