Beranda CUSTOMIZED Honda XR650L, Handmade By A Man Dead Tool’s

Honda XR650L, Handmade By A Man Dead Tool’s

OREGON, 16 April 2017 – Demi menghasilkan sebuah karya yang tidak sama pada umumnya, seorang builder bernama Hill Hudson rela melakukan modifikasi dengan gaya yang lebih bervariasi sehingga menelurkan karya yang out of the box. Builder asal Portland, Amerika Serikat, ini tidak hanya sekedar melakukan modifikasi saja, ia tercatat telah sampai level rancang bangun alias prototipe.

Kali ini keahlian sang builder diterapkan pada sebuah motor Honda XR650L lansiran tahun 2014. Dengan mengusung konsep campuran sederhana modern dan vintage, Honda XR650L yang awalnya memiliki tampilan motor trail modern diubah menjadi bergaya klasik atau Vintage Dirtbike.  Saat ini populasi motor bergenre trail lawas memang sedang banyak digandrungi hingga mancanegara termasuk Oregon, Amerika.

Ide Hill mengkustom sepeda motor ini terinspirasi dari sang kakek yang mewarisi pabrik serbet kertas yang berdiri di era 1880-an. Untuk itu, Ia mencoba menghidupkan nuansa klasik tempo dulu di Vintage Dirtbike garapannya. Perombakan pertama adalah dengan menghilangkan subframe. Ini dilakukan untuk membuat tongkrongan motor berubah menjadi lebih rendah. Untuk bagian belakang, motor ini menjadi sedikit lebih rata.

Sementara, knalpot ia ganti menggunakan bahan baja stainless dengan posisi letak berada di bawah jok pengendara. Sebagian besar bahan dan aksesoris pendukung digarapannya, Honda XR650L merupakan buatan tangan sang builder atau handbuild.

Ia membuat fender, tangki dan frame baik main maupun subframenya. Menurutnya, bagian tersulit untuk menyelesaikan pekerjaannya adalah membuat komponen yang berukuran kecil seperti, ring kuningan untuk knalpot.

“Waktu yang dibutuhkan untuk membangun motor ini lebih dari satu tahun. Tapi pengerjaan yang cukup lama ini terbayar dengan beberapa pujian. Tidak hanya itu, motor ini juga berhasil meraih penghargaan di The 1 Moto Show di Portland, untuk kategori ‘Best Dirt Bike in Show’.” Tutup Hill.

ANDHIKA KRESNA