Beranda NEW BIKES Honda Rebel 2020 Sudah Pakai  Slipper Cluth, Harga Naik Dikit

Honda Rebel 2020 Sudah Pakai  Slipper Cluth, Harga Naik Dikit

JAKARTA, Motovaganza.com – Honda membuyarkan semua tebak-tebakan mengenai motor baru yang mereka luncurkan. Tak dinyana, PT Astra Honda Motor (AHM) memilih Honda Rebel untuk disegarkan, Selasa (4/2/2020) kemarin. Berbagai pembaruan dilakukan termasuk menyisipkan satu fitur baru signifikan yaitu Assist/Slipper Clutch.

Mengambil lokasi di salah satu hotel berbintang di Jakarta Selatan, Rebel diperkenalkan dua pembalap Repsol Honda MotoGP, Marc dan Alex Marquez. Meski baru diperkenalkan pada 2017, model ini menjadi backbone penjualan Big Big Honda.

“Honda Rebel tidak hanya sekedar menjadi moda transportasi bagi pengendaranya. Perubahan pada model ini kami hadirkan untuk mendukung media ekspresi bagi pecinta sepeda motor yang memiliki karakter berani namun memiliki selera modern minimalis,” kata President Director AHM, Toshiyuki Inuma.

Nah, kita coba lihat satu persatu:

Desain

Rebel punya tampilan yang sederhana dan tidak neko-neko. Desainnya gampang dikenali dengan ban lebar berpadu dengan siluet yang rendah dan ramping. Tangkinya diposisikan mendongak dengan kapasitas 11,2 liter serta setang kemudi lebar. Hal ini membuat pengendara dapat duduk dengan sempurna di atas motor.

Untuk mendukung tampilan low-rider, rangka tubular Honda Rebel yang menopang mesin pada tiga titik dirancang seramping mungkin di area kaki pengendara. Spesifikasinya memang tidak ada perubahan. Panjang trail diset pada 110mm dengan 28° rake; garpu offset suspensi dengan sudut 30° dikombinasikan dengan jarak sumbu roda 1490 mm. Hasilnya, ketinggian jok hanya 690 mm dan ground clearance 136 mm, agar memberi keseimbangan kemudi.

Rangka termasuk loop belakang inovatif yang memisahkan jok dari spatbor logam bertekstur; aluminium cor subframe bolt-on. Desain ini membuat Rebel asik buat dikustom sesuai selera Anda.

Fitur

Untuk mendukung sisi tata cahaya sistem penerangan LED disematkan pada lampu utama, lampu belakang, dan lampu sein yang berbentuk bulat. Tampilan panel meter digital kini lebih atraktif dan informatif. Perubahan perpindahan gigi kini terbaca di panel meter yang memiliki tampilan LCD negatif dan backlight biru yang mencolok dan mudah dibaca.

Namun yang paling signifikan adalah penggunaan fitur Assist/Slipper Clutch. Dengan peranti itu bisa mempermudah dan memperhalus perpindahan gigi.

Mesin

Tak ada pembaruan pada sektor mesin. Honda Rebel berbekal mesin 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder yang diambil dari mekanikal pacu CBR500R. Namun Honda melakukan perubahan settingan PGM-FI yang menghasilkan karakter berbeda dari yang berfokus pada performa rpm tinggi pada CBR menjadi output torsi bottom-end yang padat dengan penyaluran halus dan linear di seluruh rentang putaran.

Unit pacu yang ditancap dibilang memberi keseimbangan yang baik. Antara ukuran fisik dan output yang fleksibel. Bore dan stroke dibuat pada 67 mm x 66,8 mm dengan rasio kompresi 10,7: 1. Sementara itu bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm; penyetelan katup jenis shim untuk memperoleh bobot yang ringan. Kemudian ada penurunan beban per katup dan mengurangi gesekan.

Mesin ini menghasilkan torsi maksimum 43,6Nm @ 5.500 rpm dan memuntahkan tenaga puncak 44,9 hp (33,5 kW) @ 8.500rpm. Gear box enam-kecepatannya dirancang mudah untuk dinaikkan dan diturunkan, terutama di perkotaan.

Harga

Honda Rebel hadir dengan 3 warna pilihan yakni Graphite black, Matte Armored Silver Metallic dan Matte Jeans Blue Metallic. Untuk harga ia dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp 169.200.000.

Harga ini memang lebih tinggi dari generasi sebelumnya yang dipatok Rp 163,670.000. Artinya ada kenaikan sekitar Rp 5,53 juta. Ya okelah.

Nah, Anda yang berminat model ini sudah bisa dipesan. Rebel dipasarkan secara eksklusif di 11 Big Wing di Indonesia.

Baca Juga: Honda Beat Model Lama Masih Dijual, Ada Promo?
Baca juga: Honda Perkenalkan CRF1100L Africa Twin dan Rebel Baru
Baca juga: Honda Rebel 2020 Meluncur di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto