Beranda UPDATES Honda Luncurkan Model Baru Besok, Apakah BeAT?

Honda Luncurkan Model Baru Besok, Apakah BeAT?

JAKARTA, Motovaganza.com – Honda akan menjadi pabrikan roda dua pertama yang memperkenalkan produk barunya di awal 2020. Hal ini dikonfirmasikan PT Astra Honda Motor (AHM) yang mengumumkan rencana peluncuran motor barunya besok, Kamis (16/1/2020). Nah, apa modelnya?

Pertanyaan pertama ini memang belum bisa terjawab pasti. Tapi melihat dari tren dan permintaan pasar, bisa jadi model baru yang akan meluncur adalah dari segmen skutik. Lalu pertanyaan kedua, model skutik yang mana? Honda memang merajai segmen skutik. Di segmen ini, Honda punya BeAT, Scoopy, PCX, Vario, Genio, SH150i, Forza, dan ADV150.

Dari model-model ini, Honda BeAT jadi opsi paling utama. Perkiraan ini sangat logis mengingat BeAT terakhir kali mendapatkan penyegaran pada 2016 silam. Kali itu skutik murah ini tampil lebih dinamis.

Diperkirakan beberapa hal barupun turut diaplikasi ke BeAT. Misalnya saja, padu padan tampilan analog-digital pada speedometer dan ECO indicator yang menjadi bagian area panel meternya.

Baca juga: Cicilan Honda Beat Terbaru Mulai Rp 600 Ribuan

Perkiraan Perubahan

Honda masih bertahan dengan sistem penerangan serba konvensional. Bandingkan dengan kompetitor BeAT yaitu Suzuki Nex II yang sudah menggunakan lampu utama jenis LED. Padahal harga Nex II lebih murah, meski peredaran BeAT masih mendominasi.

Tentunya kita berharap jika Honda BeAT 2020 memakai lampu LED. Toh tak cuma irit daya, pendarannya juga terang. Selain itu dari lini skutik Honda, memang tinggal BeAT Series yang belum memakai penerangan jenis ini. Menyoal penerapan sudah semestinya pula diikuti dengan paras anyar. Dengan begitu BeAT baru punya impresi lebih segar dibanding versi lama.

Rupa memang jadi salah satu pertimbangan konsumen menetapkan motor pilihannya. Pertanyaannya, apakah itu cukup? Tentu saja tidak. Value terhadap skutik entry level harus ditambah, apalagi Honda punya teknologi baru yaitu eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame). Mengedepankan penggunaan sasis berbahan baja tempa, diaplikasi pertama oleh Honda Genio. Prediksi kami, ini bakal jadi bagian dari rancang bangun BeAT.

Mesin

Soal mesinpun demikian. Lagi-lagi, Genio menjadi produk pertama AHM yang menggendong mesin baru. Kapasitasnya 110 cc, sama seperti Honda BeAT. Tapi, jantung mekanis Genio digarap lebih ringkas. Bertujuan meminimalisasi gesekan antar komponen mesin. Bentuk yang kompak itu juga berdampak pada kemampuannya menenggak pelumas. Volume oli mesin Honda Genio hanya 650 ml. Tak sulit bagi pihak pabrikan memasangkannya pada Honda BeAT. Walau mungkin bakal ada penyesuaian bentuk tubuh.

Jika Beat memakai sasis dan mesin Genio, AHM layak menyematkan titel All New Honda BeAT. Langkah ini sekaligus melanjutkan perjalanan BeAT generasi ketiga. Sepatutnya pembenahan ditularkan ke varian Honda BeAT Street. Biasanya, dengan ubahan sejenis, konsumen bakal diganjar kenaikan harga.

Saat ini, ia dipatok mulai Rp 16 jutaan untuk varian terendah, bisa saja nominal ini terdongkrak. Satu yang pasti BeAT tetap digadang sebagai skutik termurah Honda. Gampangnya dia tidak akan dijual lebih mahal dari Honda Genio.

Benarkah perubahan ini terjadi pada BeAT? Atau motor yang meluncur ternyata berbeda? Tunggu berita lengkapnya besok!

ARY DWINOVIANSYAH

Video Terbaru Youtube The Official Oto