Beranda UPDATES Honda Kembangkan Teknologi Anyar Sistem Pengereman

Honda Kembangkan Teknologi Anyar Sistem Pengereman

CALIFORNIA, 16 Februari 2017 – Pabrikan motor asal Jepang, Honda dikabarkan tengah mengembangkan teknologi pengereman otomatis untuk sepeda motor. Hal ini diketahui melalui aplikasi paten baru yang diterbitkan oleh U.S. Patent and Trademark Office, baru-baru ini. Teknologi terbaru ini dinamakan Collision Mitigation Braking System.

Sebenarnya ini bukan hal baru bagi Honda. Pasalnya, ini merupakan teknologi sistem pengereman yang juga diaplikasikan pada Honda dalam kendaraan roda empat miliknya. Salah satunya adalah SUV honda CR-V. Melalui teknologi ini, rem akan aktif secara otomatis saat mendeteksi adanya kemungkinan tabrakan yang frontal.

Belum diketahui apakah cara kerja pada teknologi rem terbaru milik Honda ini juga akan menggunakan radar gelombang milimeter dan kamera monocular yang terdapat pada kendaraan roda empatnya atau tidak namun, beberapa pihak meyakini cara kerja yang dikembangkan pada Honda motor juga akan memiliki kesamaan cara kerja.

Hal ini juga diperkuat dengan adanya pengakuan pihak Honda yang mengatakan jika cara kerja rem tersebut akan memiliki beberapa persmaan namun, Honda berusaha agar sistem ini justru tidak membuat repot pengendara motor tersebut. Artinya, jika pengendara motor tidak sempat mengerem dalam situasi tertentu, sistem ini akan otomatis mengaktifkan rem belakang. Sementara, rem depan juga akan aktif dengan melihat potensi tabrakan yang akan terjadi.

Seperti apa kerjanya untuk roda empat? Simak video berikut….

ANDHIKA KRESNA