Beranda UPDATES Honda CBR250RR 2020, Sudah Pakai Quick Shifter dan Slipper Clutch?

Honda CBR250RR 2020, Sudah Pakai Quick Shifter dan Slipper Clutch?

JAKARTA, Motovaganza.com – PT Astra Honda Motor (AHM) punya gawean besar pada Selasa, 4 Februari besok. Rencananya mereka akan melakukan pengenalan Repsol Honda MotoGP Team 2020 plus meluncurkan satu produk baru. Pertanyaannya, model apakah? Perkiraan kuatnya adalah CBR250RR yang mendapat minor change.

Event yang digelar Honda pekan depan berhubungan dengan motorsport. Selain Repsol Honda MotoGP, acara ini juga akan menjadi ajang perkenalan tim balap Astra Honda Motor. Nah, lainnya adalah peluncuran satu model baru. Model yang sangat dekat dengan motorsport adalah CBR250RR.

Ada yang istimewa dari model baru ini. Wujud dan perawakannya memang tidak banyak berubah dari model yang ada saat ini. Namun bocoran dari berbagai sumber menyebutkan jika CBR baru ini disisipi fitur keren; Quick Shifter serta Slipper Clutch.

Awalnya, quick shifter diterapkan pada kendaraan balap. Namun belakangan peranti ini kian hit pada motor harian jenis sport. Sederhananya, fitur ini berfungsi mempercepat waktu perpindahan gigi. Sehingga akselerasi lebih mengilat dan tangkas, tanpa harus menurunkan putaran mesin terlalu banyak. Keunggulan lain adalah soal kepraktisan karena tidak harus menarik tuas kopling. Lazim dipakai untuk up-shifting, alias naik gigi saja.

Fungsi

Quick shifter sendiri punya banyak jenis. Tidak semua produk menggunakan metode yang sama. Secara umum fitur ini bertujuan mengurangi beban pada drive train secara aman saat pindah gigi, tanpa merusak gearbox. Cara yang sering dilakukan adalah dengan memotong bahan bakar atau mematikan engine dalam beberapa puluh milidetik selama gigi bergerak. Semua ini terjadi tanpa harus menutup throttle.

Perangkat ini dijual bebas di pasar after market. Harganya sekitar Rp 5 – 11 jutaan. Contohnya Healtech, Additori, Dynojet dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, ada slipper clutch. Fungsi mirip-mirip dalam mengoptimalkan kinerja kopling kala down shift atau menurunkan gigi. Honda CBR250RR varian tinggi (ABS) diduga punya itu semua.

Engine

Selain fitur baru, kemungkinan CBR250RR akan mendapat tambahan tenaga. Mesin pacu motor ini diutak-utik ulang sehingga menghasilkan tenaga 39 hp hingga 41 hp pada 12.500 rpm. Kemudian momen puntir maksimal tersedia 23,3 Nm di 11.000 rpm. Mesin ini sanggup melesat dalam kecepatan maksimal 156,82 km/jam.

Semua itu bersumber dari mesin 249,7 cc parallel twin cylinder. Ukuran diameter dan langkah torak 62,00 x 41,360 mm. Lalu rasio kompresi tetap sama 11,5 : 1 dan resultan pembakaran didistribusi via transmisi manual enam percepatan.

Saat ini, Honda CBR250RR standar dijual Rp 66,6 juta hingga tipe tertinggi Rp 72,3 juta (ABS Honda Racing Red). Dengan adanya tambahan quick shifter, rasanya AHM akan mengerek harga jualnya. Kemudian opsi warna dan garis-garis baru juga bermunculan. Pekan depan semuanya terkuak lebih perinci.

Baca Juga: Honda CBR250RR 2020 Tembus 41 Hp, Meluncur Bulan Depan?
Baca juga: Bocoran Terbaru, Honda CBR250RR 2020 Pakai Quick Shifter dan Slipper Clutch?

Sumber: visordown.com, greatbiker.com | Foto: carview.co.jp

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TVS NTorq 125 cc Punya Fitur Teknologi Konektivitas

NEW DELHI, Motovaganza – Berbagai teknologi baru disematkan pabrikan sebagai modal untuk bersaing. Strategi yang juga dilakukan TVS lewat produk unggulannya, NTorq 125. Model...

Dibanderol Rp 500 Juta, Superbike Listik Damon Hypersport Ludes Terjual

TORONTO, Motovaganza.com – Tren kendaraan listrik tak hanya melanda roda empat alias motor. Di segmen roda dua atau motor hal sama terjadi. Buktinya produksi...

Kawasaki Z900 MY 2020 Resmi Dijual, Harga Naik Cuma Rp 15 Juta

JAKARTA, Motovaganza.com --  Tak ada helamat, hanya lewat rilis, Kawasaki Indonesia mengumumkan kehadiran Kawasaki Z900 Model Year 2020. Edisi terbaru ini hadir dengan berbagai...

Triumph Street Triple R Dapat Update, Dijual Lebih Murah

LONDON, Motovaganza.com – Ada yang unik dari keluarnya Triumph Street Triple R edisi 2020. Model terbaru 765R, menyusul 765RS yang meluncur tahun lalu, mendapat...

Beli Motor di Astra Auto Fest 2020 Ada Potongan Tiap Bulan

JAKARTA, Motoaganza.com – PT Astra International bakal menggelar Astra Auto Fest 2020 akhir pekan depan. Tak hanya yang mencari mobil baru, mereka yang ingin...