Beranda UPDATES Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Resmi Dijual, Harga Mulai Rp 334 Juta

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Resmi Dijual, Harga Mulai Rp 334 Juta

TOKYO, Motovaganza.com — Honda CBR1000RR-R Fireblade SP sudah resmi dijual dan bisa dipesan. Sebentar belum untuk Indonesia. Model ini ini baru dijual di Jepang. Honda Jepang menginformasikan kalau CBR kasta tertinggi mulai tersedia di seluruh jaringan dilernya pada Maret 2020 ini. Untuk benua Amerika, direncanakan masuk pada Juni di tahun yang sama. Namun belum ada informasi kapan jatah itu diterima negara Eropa maupun Asia termasuk Indonesia.

Motor pesaing BMW S1000RR dan Ducati Panigale V4 ini memang punya dua tipe; standar dan Fireblade SP. Tipe tertinggi dipakai untuk kompetisi WorldSBK 2020. Bedanya dengan produk massal hanya pada penambahan beberapa part untuk kepentingan balap. Seperti jok, knalpot dan tentunya si karet bundar khusus melahap lintasan sirkuit.

Perbedaan CBR1000RR-R tipe standar dan Fireblade SP bisa dilihat dari peranti rem depan. Tipe tertinggi pakai kaliper Brembo, sementara satunya pakai Nissin. Juga suspense yang berbda, versi termahal menggunakan produk lansiran Ohlins. Yang termurah memakai Showa. Itu yang membuat versi teratas lebih ringan 0,8 kg dibanding model biasa. Sisanya, semua sama.

Motor ini sebenarnya sudah melakukan pengujian di Jerez, Spanyol akhir tahun lalu. Namun pekan kemarin menjadi ajang balap perdana buat Honda CBR1000RR-R Fireblade SP. Tepatnya di gelaran WorldSBK di sirkuit Philip Island, Australia, bersama dua pembalap andalan Alvaro Bautista dan Leon Haslam.

Agresif

Menurut Alvaro Bautista setelah menggunakan CBR1000RR-R Fireblade SP di WorldSBK, karakter 4-silinder segaris sangat berbeda. Justru menurutnya seperti mengendarai motor 2-tak. “Karakteristik mesinnya seperti motor 2-tak. Sedikit sulit saat harus beradaptasi dan ini memaksaku mengubah riding style. Benar-benar agresif, dan saya bisa mengatur irama dengan baik. Tidak ada ruang untuk kesalahan,” katanya dikutip dari GPOne.

Pembuktian performanya juga sempat diunggah media asal Jepang, Young Machine. Kali itu tampak kecepatan maksimal sang Fireblade SP dibatasi ‘hanya’ sampai 299 km/jam. Yang mengejutkan, angka itu didapat saat rider masih berada di gigi lima, lebih tepatnya saat spidometer mencapai garis merah di gigi empat. Tampak pula kalau gigi satunya bisa melaju hingga 160 Km/jam. Sepertinya bukan hal yang sulit untuk meraih kecepatan maksimal buat superbike bertenaga 214 Hp. Pengetesannya dilakukan di trek oval milik Japan Automobile Research Institute.

Harga

Bagaimana soal harga? Menyoal angka, versi standarnya dipatok 2.420.000 yen atau setara Rp 334 juta (kurs 1 yen = Rp 138,19). Sedangkan versi tertingginya mencapai 2.530.000 yen atau berkisar Rp 349 juta. Karena unitnya terbatas, model CBR1000RR-R Fireblade SP hanya diproduksi 800 unit. Hingga saat ini pun belum ada informasi lagi mengenai negara tujuan yang mendapatkan jatah, termasuk Indonesia. Padahal PT Astra Honda Motor (AHM) juga menjual Honda CBR1000RR.

Untuk Amerika, CBR1000 Triple R anyar dibanderol $ 28.500 atau setara Rp 410 juta (Kurs 1 Dollar = Rp 14.409). Sayangnya pihak American Honda Motor Co., Inc divisi Powersports hanya menjual tipe tertinggi. Produk global ini pun memiliki satu varian warna, yaitu HRC Tri-Color. Didominasi kelir merah, biru dan sedikit motif putih.

Sumber:  Honda, asphaltandrubber, Gpone, Bikes Republic

Baca juga: Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Sudah Dapat Dibeli, Indonesia Kapan?

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto