Beranda NEW BIKES Honda BeAT Skutik Entry Level Paling Lengkap? Cek Dulu Fakta Ini

Honda BeAT Skutik Entry Level Paling Lengkap? Cek Dulu Fakta Ini

JAKARTA, Motovaganza.com – Fakta di lapangan menunjukkan jika Honda BeAT menjadi sktik terlaris. Ia menjadi model paling banyk dilirik di segmen entry level. Efisien dalam urusan bahan bakar, besar kemungkinan jadi faktor utama. Hampir tak terkalahkan oleh kompetitor manapun. Apalagi model barunya punya bobot makin ringan, mudah dikendarai siapa saja. Nilai jual yang diset serta kemasan stylish, juga selalu mudah diterima masyarakat.

Apakah itu kemudian membuat BeAT menjadi yang paling baik di segala aspek? Tidak juga. Masih ada skuter lain yang punya (poin) lebih dibandingkan BeAT. Siapa itu?

Oke, kita langsung bahas poin paling krusial; harga. Siapa bilang BeAT paling murah? Masih ada skutik sekelas dengan harga di bawah Rp 16,450 juta – Rp 17,250 juta OTR Jakarta. Ada Yamaha Mio. Untuk tipe Z, paling ekonomis, dilego Rp 15,8 juta. Varian M3, S, hingga M3 AKS SSS pun tak menembus nilai Beat. Masih sepantar. Yang termahal berhenti di angka Rp 17,2 juta.

Suzuki punya Nex II. Parikan ini punya tiga varian tema yang ditawarkan. Sedangkan harga, dibanderol mulai Rp 16,1 sampai 16,8 juta. Pun saudara dekatnya Address, dijual kisaran Rp 16,9 juta sampai Rp 17,3 juta. Singkatnya, kompetitor sekelas cenderung dijual lebih murah ketimbang jagoan Honda.

Baca juga: KOMPARASI: Honda BeAT atau Suzuki Nex II, Pilih Mana?

Performa Mesin

Honda membekali mesin 110 cc eSP generasi baru pada BeAT. Sama seperti yang terpasang Genio. Alhasil, tenaga dan torsi naik dari generasi sebelumnya, menjadi 8,89 hp @7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm @5.500 rpm. Sekaligus konsumsi bahan bakar mencapai 60,6 km/liter.

Oke, klaim keiritan bensin tak ada yang bisa mengalahkan. Tapi soal ekstraksi daya, line up skutik pemula Yamaha berada di atas itu. Semua yang bertitel Mio – dari paling murah hingga termahal – menggendong dapur pacu 125 cc. Pusaran tenaga maksimal mencapai 9,38 hp @8.000 rpm dan torsi mencapai 9,6 Nm @5.500 rpm. Selisih yang lumayan untuk ukuran motor sekecil ini.

Ruang Akomodasi

Urusan tempat penyimpanan barang, BeAT memang bukan berarti terlalu kecil. Angka 12 liter masih masuk akal untuk mengakomodir beberapa barang bawaan, dengan catatan tak muat dijejali helm. Ia kalah dari Suzuki. Banyak yang tak sadar, Address memiliki ruang bagasi besar. Volume bersihnya mencapai 20,6 liter. Jangankan membawa perlengkapan sehari-hari. Helm full face pun diklaim bisa masuk, meski kemungkinan hanya tipe tertentu. Tapi paling tidak, dipastikan lebih leluasa dari BeAT.

Baca juga: KOMPARASI: Honda BeAT VS Genio, Panduan Memilih

Fitur Penunjang

Salah satu pembaruan di generasi BeAT terkini, adalah disediakannya power outlet. Terletak pada laci sebelah kanan, yang bisa ditutup rapat sehingga tersembunyi dan terlindungi dari hujan. Tapi masih perlu adaptor tambahan. Padahal Suzuki Nex II, dengan harga lebih murah, sudah menyediakan soket bertipe USB Charger. Tinggal colok dan pakai.

Tema

Honda menyediakan 11 opsi warna, termasuk pada Beat Street. Terkesan banyak, namun sebetulnya masih ada yang lebih banyak. Jika ditotalkan, masih kalah dari dua skutik Suzuki.

Nex II tipe Elegant saja punya enam kombinasi warna. Sementara yang Fancy, juga dikemas dalam enam tema. Belum lagi ketambahan dua lagi pada varian Cross. Totalnya 14 pilihan. Address lebih lagi. Konsumen tipe Playful bisa memilih sepuluh kelir. Lantas tipe FI, dengan grafis berbeda, disediakan dalam lima opsi warna.

Baca juga OTO: Deretan Skuter ini Punya Kelebihan yang Tak Dimiliki Honda Beat

HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto