Beranda UPDATES Hebat, Mesin BMW S 1000 RR Dijadikan Mesin Pesawat

Hebat, Mesin BMW S 1000 RR Dijadikan Mesin Pesawat

Ceko, 10 Mei 2019 – BMW tidak asing dengan dunia penerbangan. Pada saat Perang Dunia II meledak, mereka menghentikan produksi mobil, memfokuskan produksinya pada mesin pesawat terbang dan sepeda motor. Pesawat-pesawat ciptaan BMW bahkan menjadi tulang punggung armada tempur Nazi pada saat itu.

Kini, kisah itu tinggal sejarah karena BMW tidak lagi membuat pesawat, dan hanya menciptakan motor dan mobil saja. Tetapi itu tidak menghentikan Departemen Teknik Dirgantara di Fakultas Teknik Mekanik Universitas Teknik Ceko Praha untuk menggunakan mesin BMW S 1000 RR sebagai mesin pesawat.

Mesin bertenaga 193 hp itu dipakai sebagai mesin pesawat serat karbon berbasis L-39 buatan Soviet. Guna memastikan dapat menerbangkan pesawat, mesin BMW S 1000 RR itu di-redline agar memberikan dorongan yang cukup.

Mesin kemudian mengaktifkan motor kipas yang mendorong pesawat. Pesawat ultra ringan ini hanya memiliki berat 322 kg. Bobot itu hampir sama dengan BMW S1000RR, bedanya pesawat ini dapat terbang dan mampu mengangkut dua orang.

Proyek ini dijalankan Departeman Teknik Dirgantara Universitas Teknik Ceko bekerja sama dengan LA komposit, s.r.o., dan Zall JIHLAVAN, s.r.o. untuk menciptakan prototipe yang disebut UL-39 ALBI. Nama ultralight terinspirasi oleh jetfighter L-39 Albatross asli yang dirancang pada tahun 60-an dan digunakan oleh Angkatan Udara Cekoslowakia selama tahun 70-an.

Setelah berbagai pengetesan dan uji coba, pesawat karbon monocoque itu kemudian mengudara dan memiliki jangkauan 340 mil dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 186 mph.

Reza Erlangga

Video Terbaru Youtube The Official Oto