Beranda UPDATES Hanya 4 Bulan, Honda Jual 1,7 Juta Unit Sepeda Motor

Hanya 4 Bulan, Honda Jual 1,7 Juta Unit Sepeda Motor

JAKARTA, 21 Mei 2019 – Pasar otomotif yang melambat ternyata tak berlaku bagi PT Astra Honda Motor (AHM). Pemegang merek sepeda motor Honda itu mengklaim selama 4 bulan pertama 2019 mengalami pertumbuhan penjualan mencapai 13%. Artinya selama Januari hingga April 2019, AHM menjual 1,7 juta unit sepeda motor atau naik dari 1,5 juta unit pada periode yang sama tahun lalu.

Marketing Director PT AHM, Thomas Wijaya mengatakan bahwa dari total penjualan (wholesales) tersebut, segmen skutik yang paling mendominasi penjualan. Model yang menjadi tulang punggung penjualan AHM, adalah Beat Series. Model skutik di bawah 125 cc ini berkontribusi sekitar 40% dari total penjualan.

“Kontribusi (motor) matik mencapai hampir 90% dari total penjualan. Kemudian diikuti bebek sekitar 6% dan motor sport sisanya,” ujarnya kepada media dalam buka bersama di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Thomas mengatakan hingga akhir tahun ini, pasar sepeda motor masih akan sama dengan tahun lalu di kisaran 6-6,3 juta unit. Sementara Honda menargetkan bisa menjual antara 4,5 juta hingga 4,7 juta unit sepeda motor sampai akhir tahun ini.

Honda, menurut Thomas, akan memanfaatkan momentum Hari Raya Idul Fitri untuk mendongkrak penjualan. “Biasanya Lebaran (penjualan) meningkat antara 10-20 persen,” kata dia.

Menurut Thomas sejauh ini penjualan motor Honda sangat baik. Mereka bahkan harus menggenjot beberapa model karena konsumen masih harus menunggu pengiriman (inden) sejumlah produk Honda. Model-model yang masuk daftar inden antara lain Scoopy dan PCX serta model-model CBU seperti Forza, Super Cub, dan CB650R.

RAJU FEBRIAN