Beranda UPDATES Gelis Mulai Produksi Gerobak Listrik Rp 20 Jutaan, Kemenperin Apresiasi

Gelis Mulai Produksi Gerobak Listrik Rp 20 Jutaan, Kemenperin Apresiasi

JAKARTA, Motovaganza.com — PT Solar Panel Indonesia mulai melakukan poduksi massal Gerobak Listrik (Gelis). Perusahaan mampu membuat 10 unit Gelis setiap hari di pabrik mereka di kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Kapasitas produksi terus dikembangkan seiring tumbuhnya jumlah permintaan. Motor roda tig aitu dijual mulai di harga Rp 20 jutaan. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan pujian, lantaran beberapa komponen diproduksi di dalam negeri. Seperti baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat kendali.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika mengatakan langkah Gelis ini harus diapresiasi. “Kami pun berharap PT SPI dapat terus berperan aktif dalam peningkatan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Sehingga bisa memberikan sumbangsih pada peningkatan daya saing industri otomotif Indonesia ke level selanjutnya. Selain itu dapat mendukung pengembangan industri kendaraan roda tiga. Serta industri komponen dan kegiatan usaha yang terkait,” kata Putu Juli Ardika dalam siaran rilis yang diedarkan (9/10).

Menurut Putu, Kemenperin telah menjalin kerja bareng sejumlah perusahaan marketplace (e-commerce). Mulai industri modifikator kendaraan, komponen, spare parts aftersales, sampai jasa reparasi dan komponen kapal. Karena perusahaan itu juga menyediakan jasa leasing. Ia jua menganjurkan untuk menyiapkan Gelis masuk ke e-Katalog.

Baca juga: GELIS Gerobak Listrik Serbaguna Dipasarkan, Harga Mulai Rp 20 Juta

Spesifikasi

Untuk diketahui, Gelis 300 menjadi model perdana yang diluncurkan. Sementara dua model lain, yaitu Gelis 200 dan Gelis 150 masih tengah tahap persiapan. Untuk kapabilitas, motor listrik roda tiga Gelis 300 ditanam motor elektrik berdaya 800 watt. Suplai power dari baterai tipe VRLA 48v-26AH. Ia mampu dipacu hingga kecepatan maksimal 30 km/jam. Daya jelajah normal mencapai 30 km.

Rangka Gelis 300 diklaim lumayan ringan, dengan bobot kotor mencapai 600 kg. Namun sanggup mengangkut beban 300 kg. Kontruksi penyonkong berupa per belakang model daun (leaf spring) dan suspensi depan teleskopik atas. Kendaraan tiga roda berpenggerak roda belakang ini juga mampu menanjak hingga sudut kemiringan 15 derajat.

Ada empat varian Gelis 300: Light Metal, Retro dan Cargo. Kisaran harga mulai dari Rp 20 juta, serta Gelis Garb dilego Rp 21 jutaan. Perusahaan memberi jaminan pemakaian. Di antaranya garansi lima tahun rangka, satu tahun untuk motor penggerak, enam bulan baterai. Selanjutnya enam bulan garansi pengontrol dan enam bulan pertanggungan perangkat pengisian ulang baterai.

Baca juga: Dua Brand Sepeda Motor Listrik Singapura Serbu Indonesia

Ketersediaan

Saat ini SPI memiliki tujuh jaringan pemasaran dan purnajual, tersebar di berbagai kota. Tersedia di Jakarta, Bogor, Surabaya, Malang dan Denpasar. Chief Marketing Officer PT SPI, Ary Tjahyono menyampaikan dua model lain dari Gelis yang masih disiapkan memiliki karakteristik berbeda. Gelis 200 difungsikan sebagai kendaraan khusus pengiriman barang cepat di dalam kota.

Kehadiran Gelis fiharapkan dapat berperan dalam menggerakkan roda perekonomian nasional di tengah dampak pandemi COVID-19, karena dapat menciptakan peluang bagi pelaku industri kecil menengah (IKM).

“Gelis 200 sangat cocok bagi mereka yang menjalani bisnis jasa kargo dalam kota dan ecommerce. Sementara Gelis 150 dengan sasis rendah berfungsi sebagai kendaraan angkut sampah dan angkut barang di ruang tertutup (indoor). Gelis 150 cocok guna mendukung perpindahan barang di dalam mall, rumah sakit, atau pabrik. Kami juga telah bekerja sama dengan perusahaan aplikasi berbasis online untuk menunjang efektivitas Gelis. Lewat itu, calon konsumen bisa mengetahui segala hal tentang kendaraan melalui telepon selular,” Ary memungkasi.

Baca juga: Ambil Basis dari Selis E-Max, Universitas Budi Luhur Bikin Motor Listrik

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto