Beranda EDITOR'S PICKS Pilih Yamaha R15, Honda CBR150R, atau Suzuki GSX-R150?

Pilih Yamaha R15, Honda CBR150R, atau Suzuki GSX-R150?

JAKARTA, 25 Januari 2017 – Peluncuran All New Yamaha R15 membuat pertarungan motor sport di kelas 150cc makin seru. Sebelumnya sudah ada Suzuki GSX-R150 dan Honda CBR150R. Maasing-masing tentunya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah mana yang terbaik?

Motor sport di kelas 150cc semakin ramai dengan kehadiran model-model baru. Honda CBR150R sudah sejak lama menjadi pemain di kelas ini. Suzuki hadir dengan Suzuki GSX-R150 sejak akhir tahun lalu. Dan terakhir, Yamaha resmi menghadirkan All New Yamaha YZF-R15 model 2017 di sirkuit Sentul, Jawa Barat, Senin kemarin.

Kehadiran Yamaha R15 membuat para kompetitor lain mulai memutar otak. Pasalnya, motor sport berlogo garputala tersebut hadir dengan mesin dan desain body yang berbeda dari versi sebelumnya belum lagi deretan fitur yang diusungnya.

All New Yamaha YZF-R15 hadir dengan desain yeng berkiblat pada Yamaha YZF-M1. Hal ini dapat dilihat pada guratan tangki bensinnya dibuat sama dengan sang kakak tersebut. Selain itu desain lain juga terlihat berbeda seperti pada buritan belakangnya yang terlihat “kian” seksi dan meruncing. Yamaha YZF-R15 juga sudah dibekali dengan lampu depan yang full LED serta penggunaan speedometer yang sudah full digital.

Berdasarkan data yang dimiliki Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Yamaha R15 terlihat lebih unggul dengan perolehan 55.571 unit dari 730.461 unit penjualan sepanjang Januari-Desember tahun lalu. Sementara, rivalnya Honda yang menghadirkan varian CBR150R hadir di urutan kedua setelah Yamaha.

Melihat rivalnya yang berlogo kepakan sayap, Honda CBR150R sudah lebih dulu memperkenalkan versi faceliftnya di awal tahun lalu. Honda CBR150R telah bermetamorfosa untuk yang ketiga kalinya.

Hasil ubahan terakhirnya, Honda masih menggunakan basis mesin yang sama yaitu menggunakan mesin 4 langkah, DOHC, 4 katup, berkapasitas 149 cc berpendingin cairan. Mesinnya mampu mengasilkan tenaga maksimal sebesar 16,8 Hp pada 9.000 rpm dan torsi 13,7 Nm pada 7.000 rpm.

Namun dari sisi desain, Honda CBR150R terbaru mengususng bentuk fairing yang lebih slim dengan mata yang menyipit dibekali dengan lampu berteknologi LED. Diawal kemunculannya, motor dengan tema Total Control ini juga dihadirkan dengan pembalap motoGP, Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Total Control diambil dari basis frame berbentuk diamond yang diklaim akan memberikan rigidity dan fleksibilitas yang seimbang. Kemudian, seat rail dan pivot plat dirancang untuk membuat karakternya lebih sporti. Belum diketahui apakah Honda akan menghadirkan generasi terbaru Honda CBR150R dengan ubahan yang lengkap atau tidak nantinya.

Beralih dari keduanya, Suzuki memulai debut motor anyar di akhir tahun 2016 lalu dengan menghadirkan dua sosok berbasis GSX dengan kapasitas mesin 150 cc. kedunya hadir sebagai pilihan konsumen yang menyukai motor berfairing maupun “telanjang”. Khusus untuk varian berfairing, Suzuki memberikan nama GSX-R150. Sayangnya Suzuki masih enggan membicarakan harga hingga pertengahan bulan Februari mendatang.

Suzuki GSX-R150 dibekali dengan mesin berpendingin cairan, empat langkah, DOHC, 4 katup, satu silinder berkubikasi 147,3 cc. mesin ini mampu mendongkrak tenaga hingga 18,9 Hp pada 10.500 rpm dan torsi 14 Nm pada 9.000 rpm.

Hingga berita ini di tulis, Suzuki baru member tahu jika motor anyar miliknya ini akan dibekali fitur “Keyless Ignition System”. Ini menjadikan Suzuki lebih unggul di sisi kecanggihan teknologi demi keamanan dan menghindari pencurian motor yang semakin marak. Kehadirannya juga memberikan pilihan lain bagi calon konsumen dalam memilih motor sport di kelas 150 untuk ke depannya.

Setidaknya penggemar motor sport di kelas 150cc kita bisa memiliki pilihan yang beragam. Berikut tabel komparasi ketiganya:

ANDHIKA KRESNA

latest updates

Ganti Gaya Jadi Kawasaki W175 CAFÉ dengan Aksesoris Seharga Rp 2,8 Juta

JAKARTA, 17 Januari 2019 -- PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja meluncurkan varian Kawasaki W175 CAFE yang mengusung aliran...

Bidik Triple Crown, Honda Umumkan Tim Balap Musim 2019

TOKYO, 16 Januari 2019 – Merayakan 60 tahun berkiprah di dunia balap, Honda Motor Co., Ltd. mengumumkan rangkaian aktivitas balap yang akan diikuti...

Vokasi AHM dan Kemenperin Dikembangkan di 15 SMK Sulawesi Selatan

MAKASSAR, 16 Januari 2019 -- PT Astra Honda Motor (AHM) kembali dipercaya pemerintah untuk berperan aktif dalam program penguatan pendidikan...

KOCI, Komunitas Motor KTM yang Punya Visi ke Depan

JAKARTA, 15 Januari 2018 – Komunitas motor menjadi salah satu ajang untuk kumpul, menambah teman, silaturrahmi, pengalaman, ilmu dan banyak...

Luncurkan Kawasaki Genuine Oil, Ini Formula Unggulannya

JAKARTA, 14 Januari 2019 -- Selain melansir Kawasaki W175 Cafe, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga menghadirkan Kawasaki Genuine Oil...