Beranda UPDATES Ducati Streetfighter V4 Resmi Meluncur, Dijual Mulai Rp 353 Juta

Ducati Streetfighter V4 Resmi Meluncur, Dijual Mulai Rp 353 Juta

JAKARTA, Motovaganza.comDucati memperkenalkan secara resmi unggulan terbarunya Ducati Streetfighter V4. Perkenalan terpaksa dilakukan secara virtual lewat live streaming YouTube, Rabu (25/3/2020) waktu setempat. Ducati tak bisa menggelar seremoni akibat wabah corona (COVID-19) yang menghantam negara itu. Pemerintah Italia juga menetapkan lockdown sehingga taka da kegiatan dalam bentuk apapun.

Terlepas dari situasi yang ada di Negeri Pizza. Ducati Streetfight V4 ini pantas ditunggu para penggemarnya. Motor ini diklaim mengadopsi performa superbike Panigale V4. Berbagai pembaharian dilakukan. Tak hanya dari desain yang sangat agresif juga fitur dan performanya yang menjanjikan.

Sebenarnya kita pernah melihat tampilan motor ini sebelumnya. Streetfighter V4 yang mengambil basis Panigale V4 pernah tampil di Ducati World Premiere dan EICMA 2019 lalu tapi belum resmi dijual. Setidaknya sudah banyak yang melirik. Hal ini dibuktikan dengan gelar The Most Beautifuk Bike di EICMA 2019.

Menyaksikan tampilan motor ini memang mengagumkan. Motor sport naked Ducati Streetfighter V4 ini hadir dengan lampu depannya dua mata yang lancip dan meruncing sehingga terlihat lebih gagah. Untuk bagian bodi, motor terbaru ini tampak sangat berotot.

Jeremy Faraud selaku desainer Streetfighter V4 saat peluncuran mengatakan, meski tampilannya berbeda dari Panigale V4 namun cita rasa berkendara dan kemampuannya tak jauh beda dari Panigale V4.

Baca juga: Ducati Multistrada 1200 Baru Bakal Gunakan Mesin Panigale V4

Mesin

Tentu saja demikian. Di dapur pacu, Ducati Streetfighter V4 menggunakan mesin Desmosedici Stradale berkapasitas 1.103 cc. Jantung mekanis ini mampu menyemburkan tenaga maksimum 208 hp pada 12.750 rpm dan torsi yang membuncah 123 Nm di 11.500 rpm.

Selain varian standar, motor ini juga bisa dimodifikasi dengan Ducati Performance dan knalpot Akrapovic untuk mendapat tenaga lebih maksimal. Peningkatan yang bisa dihasilkan apabila motor mendapat modifikasi mencapai 220 hp dan torsi 130 Nm.

Tenaga dan torsi tersebut punya kemampuan untuk melesay di jalan raya. Tapi jangan khawatir, karena tenaga besarnya sudah diantisipasi hingga tak lepas kendali. Ducati membuat winglet yang mampu meningkatkan downforce sebesar 28 kg saat kecepatan 270 km/jam agar menjaga ban depan tidak terangkat.

Baca juga: Hadapi Virus Corona, Ducati Perpanjang Penutupan Pabrik

Paket Performance

Jika performanya dianggap masih kurang mumpuni, konsumen bisa membeli paket Ducati Performance dan knalpot Akrapovic yang dijamin bakal meningkatkan tenaga mesin. Paket tenaganya yaitu cylinder deactivation pada 2 silinder belakang, dan jika ditambah knalpot Akrapovic, diklaim mampu menghasilkan tenaga 220 tk dan torsi 130 Nm.

Melengkapi kenyamanan pengendara Ducati memasang suspensi depan upside down dan shockbeaker Ohlins. Tak ketinggalan rangka tralis yang akan melindungi mesin di bagian tengah.

Ducati menjual model ini di negara asalnya mulai bulan ini. Ducati Streetfighter dibanderol dengan harga 19.900 Euro atau setara dengan Rp 353 juta untuk varian V4 dan 22.990 Euro atau Rp 408 jutaan khusus varian V4S.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto