Home BLOGS Deretan Harley-Davidson yang Paling Populer Hingga Kini

Deretan Harley-Davidson yang Paling Populer Hingga Kini

JAKARTA, 17 Januari 2017 – Bicara motor besar, rasanya sangat lekat dengan nama besar Harley-Davidson. Motor dengan konfigurasi mesin V-Twin ini pun selalu menyita perhatian pengguna jalan lain saat beberapa motor berkendara beriringan karena suara besarnya. Suara bising inilah yang menjadi dasar sebuah motor besar asal Paman Sam ini dikenal di Indonesia.

Harley-Davidson sudah berusia ratusan tahun. Pabrikan motor yang berbasis di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat (AS) ini didirikan pada 1903. Wiliam A. Davidson, William S. Harley, Walter Davidson, dan Arthur Davidson merupakan sosok di balik nama besar merek motor tersebut. Tahun demi tahun Harley selalu mempertahankan konfigurasi mesin dual silinder V-Twin nya hingga era millenium.

Selama lebih dari satu abad perjalanan panjangnya memproduksi motor dengan basis motor cruiser, Harley Davidson mencatat ada beberapa model miliknya yang terbilang cukup fenomenal. Seperti yang dilansir dari situs Liputan6.com ada beberapa model milik Harley yang terbilang sangat populer di antaranya adalah, model EL Knuckelhead di tahun 1936.

Model ini menggunakan mesin Knucklehead. Mesin ini mengadopsi kubikasi mesin sebesar 61 cubic inch atau 999 cc dengan katup overhead valve. Dengan tenaga dan ubahan desain, motor ini kemudian dikenal dengan nama`Knucklehead`, sesuai dengan bentuk rocker boxes.

Baca juga: Sejarah Mesin V-Twin Milik Harley-Davidson

Motor populer berikutnya ada di tahun 1961 yang dinamakan Harley Davidson Duo Glide. Melihat penampilannya, gaya motor ini kental dengan aura tahun 1950-an. Dimana, bentuk spakbor depan dan belakangnya yang beraksen krom. Duo Glide mengusung mesin 1.208 cc berpendingin udara, V-twin.

Seiring waktu, Harley Davidson mulai memperkenalkan varian terkecilnya di tahun 1986 bernama Sportster. Model ini merupakan motor pertama Harley-Davidson yang mengemas mesin Ironhead, Evolution, atau Evo dan tersedia dengan kapasitas 883 cc atau 1.100 cc.

Sukses dengan Harley Davidson Sportster, Harley kembali memperkenalkan varian anyarnya bernama XR-750. Motor ini begitu dikenal karena jasa Evel Knievel. Ya, Harley-Davidson XR-750 jadi senjatanya dalam melompati deretan mobil dan truk pada tahun 1970-an.

Baca juga: Evolusi Mesin Harley Davidson V-Twin

HD XR-750 memang bukanlah motor yang diproduksi untuk digunakan harian. Kendati begitu, desainnya bisa dibilang apik. Terlebih lagi model ini bagian dari sejarah karena berhasil mencetak 29 dari 37 gelar yang diperebutkan dalam AMA Grand National di AS.

Masuk era Milenium, Harley Davidson kembali berevolusi dengan pengguaan Liquid Cooler dengan adanya tambahan radiator pada varian Harley Davidson VRSCA V-rod miliknya. Mesin Revolution yang jadi jantung mekanisnya berbasis VR-1000 yang dikembangkan oleh pabrikan sportscar Jerman, Porsche. Tenaga yang mampu dikeluarkan Harley-Davidson VRSC (V-Twin Racing Street Custom) sebesar 115 Tk, yang dimuntahkan mesin V-twin berkapasitas 1.130 cc.

Kendati demikian, Harley Davidson selalu mempertahankan mesin berkonfigurasi V-Twin andalannya dengan suara khas yang mampu “memekakkan” telinga baik pengendara maupun pengendara lainnya.

ANDHIKA KRESNA