Beranda UPDATES Daftarkan WR155 dan WR155R di Indonesia, Yamaha Bakal Luncurkan Motor Trail Baru?

Daftarkan WR155 dan WR155R di Indonesia, Yamaha Bakal Luncurkan Motor Trail Baru?

Yamaha WR250R

Jakarta, 16 Agustus 2019 – Kami telah lama mendengar kabar dari orang dalam Yamaha, bahwa mereka akan terjun ke segmen motor trail yang dikuasai oleh Kawasaki di Indonesia. Namun, tahun berganti tahun, berita berganti berita, kabar itu seolah angin surga yang menawarkan harapan semu belaka, dan tidak pernah terwujud. Terlontar alasan bahwa butuh waktu lama untuk riset demi menghasilkan produk berkualitas. Selain itu, disebut pula alasan soal penjualan motor trail belum menjanjikan saat itu.

Kini setelah Honda turun ke segmen trail, kabar tentang kehadiran motor trail Yamaha kembali berembus. Kabar ini diperkuat dengan langkah Yamaha yang telah mendaftarkan nama Yamaha WR155 dan WR155R di situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Indonesia.

Dari namanya, jika diproduksi nanti, motor trail ini akan menggunakan mesin 155 cc. Pilihan mesin berkapasitas lebih besar dari Honda CRF dan KLX150 amat penting dilakukan oleh Yamaha.

Akankah menggunakan garpu depan USD seperti WR250?

Pasalnya, jika mesin yang digunakan WR150 juga sama seperti yang digunakan oleh All New R15, MT-15, dan All New Vixion, maka tenaga yang dihasilkan mesin itu mencapai 19 hp dengan torsi 14,7 Nm. Jika kita bandingkan dengan tenaga 12,75 hp serta torsi 12,43 Nm yang dimiliki Honda CRF 150, jelas sekali jagoan Honda di segmen trail entry level kalah telak.

Tenaga dan torsi yang lebih besar tentu menjanjikan kenikmatan lebih besar di medan off-road. Selain tenaga dan torsi lebih besar, sudah seharusnya Yamaha WR155 dan 155R dibekali fitur-fitur lebih menarik dari kompetitornya. Setidaknya dengan menggunakan garpu depan upside down dengan jarak main lebih luas, dan dibarengi lengan ayun yang juga mumpuni.

Pada akhirnya, menarik menanti kapan kiranya Yamaha WR155 diluncurkan di Indonesia. Apalagi para aktivis garuk tanah di Indonesia telah lama menunggu kehadiran motor trail Yamaha dengan spek “wah” dan dibanderol kompetitif seperti musuh-musuhnya di Indonesia. Semoga bukan angin surga.