Beranda CUSTOMIZED Motor Listrik Dimodifikasi? Ini Hasilnya!

Motor Listrik Dimodifikasi? Ini Hasilnya!

(Foto-foto: sinecycles.com)

JAKARTA, 4 September 2015 – Sepeda motor listrik tengah naik daun di dunia. Bahkan pabrikan beraliran “Chopper” juga sudah mulai tertarik dengan tradisi ini. Contohnya Sine Cycles, rumah modifikasi asal Steffisburg, Swiss, yang mencoba memodifikasi sebuah motor dengan mesin electric alias listrik.

Chopper, seperti namanya yang berarti buntung atau adanya bagian yang di hilangkan pada bagian tertentu motor, seperti Rigid. Frame motor tidak menggunakan shock absorber belakang dan hanya mengandalkan per yang ada di jok pengendara, biasanya hanya single-seat.

Bos Sine Cycles, Bruno Forcella menggunakan motor listrik keluaran Zero Motorcycle. Frame asli bawaan Zero Motorcycle dilepas semua. Sine Cycles hanya mengambil mesin listrik dan beberapa part lainnya yang cocok dalam Chopper garapannya.

04092015-Moto-sine-cycles_16

Untuk frame chopper ini menggunakan milik Cleveland Cyclewerks dengan tipe Heist yang memiliki kepopuleran dimana pengerjaan frame khusus ini dilakukan di rumah modifikasi Forcella termasuk panel instrumen dengan bentuk 3D dicetak melalui proses sintering laser yang selektif.

Ada beberapa bagian yang terbuat dari aluminium ekstrusi seperti, Air-Scope untuk pendingin udara yang dibentuk oleh tangan dengan penggiling listrik, sebelum di lakukan sandblasted dan anodized berwarna hitam.

Untuk penggerak utama dari motor chopper listrik ini tetap mempertahankan piranti elektrikal asli, tetapi dilengkapi dengan Motogadget digital dan switch, Stang LSL Dragbar, tangki bahan bakar Cole Foster dan jok Phillips.

Menggunakan daya 102 V / 2,8 kWh, motor dengan kecepatan tunggal mampu menghasilkan tenaga 27 hp dan torsi 57 Nm. Kecepatan maksimumnya mencapai 120 km/jam. Dengan kemampuan baterai saat ini jangkauan maksimumnya 55 km.

ANDHIKA KRESNA