Beranda CUSTOMIZED Kawasaki Vulcan 650 S a la Cafe Racer, Begini Perubahan Tampilannya

Kawasaki Vulcan 650 S a la Cafe Racer, Begini Perubahan Tampilannya

BERLIN, 20 Desember 2016 – Apa yang anda bayangkan jika sosok motor bergenre cruiser dibuat cafe racer? Bayangkan motor dengan karakter easy riding dengan posisi ground clearence yang tinggi serta wheelbase panjang dibuat menjadi motor berperforma tinggi. Hal ini diwujudkan motor bernama The Underdog berwarna hijau berbasis Kawasaki Vulcan 650.

Terinspirasi sebuah motor balap tempo dulu di Inggris, cafe racer sebuah Kawasaki Vulcan 650 S di Jerman di ubah menjadi sebuah motor ganas yang siap “melahap” lintasan berjarak 201 meter atau dragbike. Bukan tanpa alasan pihak Kawasaki Jerman merubah motor touring ini menjadi sebuah motor balap, hal ini dikarenakan Vulcan S memang tercatat memiliki penjualan yang baik untuk kawasan Eropa.

Melihat penampilannya, Vulcan 650 S ini tidak banyak dilakukan rombakan. Secara rangka, motor ini masih menggunakan sasis yang sama dengan bentuk standar namun, di sektor kaki-kaki Vulcan The Underdog ini memiliki kaki yang lebih besar.

Di bagian depan, terlihat motor balap ini sudah menggunakan suspensi upside down milik Ohlins. Tidak hanya itu, Ground clearence The Underdog ini juga terlihat sedikit lebih tinggi.

Menariknya, bagian buritan The Underdog ini sudah menganut “buntut tawon” layaknya motor beraliran cafe racer. Walau ubahan secara fisik tidak terlalu banyak, di sektor mesin The Underdog memiliki benyak sekali ubahan salah satunya penggunaan klep milik Kawasaki ZX-10R dan piston besar berdiameter 43 mm.

Motor ubahan yang ciamik ini diklaim memiliki tenaga buas hingga tembus diangka 150 hp. Demi mendongkrak tenaga Vulcan S pihak Kawasaki Jerman telah banyak melakukan riset dengan banyak mengorbankan tenaga, waktu dan biaya. Kini, ruang bakar motor dengan tambahan NOS Nitrous Oxide ini memiliki rasio kompresi 13,5:1 lengkap dengan injektor gandanya.

Berikut penampakannya

ANDHIKA KRESNA