Beranda CUSTOMIZED BMW R nineT Scrambler a la JvB Moto

BMW R nineT Scrambler a la JvB Moto

MUENCHEN, 26 Mei 2017 – BMW R nineT barangkali salah satu motor yang “nggak perlu diapa-apain”. Namun JvB Moto, rumah modifikasi asal Cologne, Jerman, belum puas. Mereka menggarap BMW R nineT Scrambler yang terlihat simple tapi sangat asik.

Ini adalah kali pertama BMW Motorrad dan JvB-Moto bekerja sama. Dan juga pertama kalinya secara resmi R nineT Scrambler custom yang digarap rumah modifikasi pimpinan Jens vom Brauck.

“Jens memperbaiki Scrambler sepenuhnya sesuai dengan konsepsinya sendiri. Jadi hasilnya adalah tampilan yang sama sekali baru,” kata Ola Stenegärd, Kepala Desain di BMW Motorrad.

Jens vom Brauck dinilai memiliki mata yang tajam dalam bisnis ini. Ia memiliki bakat untuk desain yang stylish namun fungsional. Seperti dilansir Bikeexif.com, Jens mengacu pada image Nine-T sebagai “motor berbody kecil dengan mesin besar.” Ia memutuskan untuk menggunakan konsep tersebut, memapas bodi sebanyak mungkin, untuk menekankan motor horisontal.

Estetika keseluruhannya malah jauh lebih modern daripada Scrambler aslinya. “Ini adalah perpaduan antara desain fungsional dan gaya old school, bukan retro,” katanya. “Seperti campuran cepat Unimog –  Land Rover – bobber!”

JvB Moto bermain di area tangki bahan bakar yang dibuat ulang berbahan aluminium dengan kapasitas yang jauh lebih kecil dari kapasitas standar BMW R-nineT. Perubahan juga dilakukan di box filter udara, dual intake berbahan serat karbon, bahkan tempat rem ABS.

Ban khas Scrambler merk Continental TKC-80 jadi pilihan dipadu dengan wheel cover  berbahan serat karbon demi penampilan namun tetap ringan. Bagian buritan ada subframe baru  dengan jok single dan spakbor aluminium yang rapi. Ada juga lampu belakang LED, braket plat nomor, dan lampu sein bergaya Motogadget yang menyatu pada spakbor.

Ola Stenegärd mengatakan ia ingin melihat lebih banyak keajaiban JvB Moto. “Saya harap ini bukan kolaborasi terakhir kami,” katanya.

SYAIFUL ACHMAD