Beranda CUSTOMIZED Begini Jadinya Yamaha Dikawinkan dengan Aprilia

Begini Jadinya Yamaha Dikawinkan dengan Aprilia

JOHANNESBURG, 29 Juni 2017 –  Spesies baru ini diciptakan oleh pecinta trackday di Afrika Selatan Gareth Evans. Pria yang menggilai kendaraan super 2-tak ini memilih Yamaha RZ 350 sebagai tunggangan nya namun hal ini sangat eye cathing! Ada yang berbeda dengan sasis bawaan RZ350 ini. Benar saja pasalnya Evans mengawinkan mesin Yamaha RZ350 tersebut dengan kerangka motor Aprilia RS250.

Gareth Evans mempunyai ambisi memilih dua kubu, mesin Jepang dan kerangka Italia membuatnya percaya diri. Memang spesies ini tampil ganas tanpa menggunakan fairing penutup bodi. Rangka Aprilia RS250 bertipe Twin Spar Aluminium memang terkenal ringan dan terlihat sangat kokoh dipercaya cocok untuk menggendong mesin RZ350 yang sudah di korek khusus besutan acara Trackday tersebut.

Seperti dilansir bikeexif.com Garth Evans mengungkapkan bahwa ia membangun motor tersebut selama 3 tahun. Gareth Evans tak hanya sekedar mencangkok jantung dan kerangka motor 2-tak legendaris tapi beberapa part baru ikut berkontribusi demi menunjang performa kaki-kaki  saat balapan.

Di antaranya Gareth menggunakan roda berbahan Carbon dari BST. Di bagian depan ada Öhlins race-spec dari Ducati Panigale, yang disesuaikan dengan peredam kejut  belakang Öhlins TTX. Karena tidak ada unit TTX yang sesuai dengan RS secara khusus, Gareth harus membuat bottom clevis nya sendiri. Selain itu Gareth juga menyematkan sistem pengereman bermerek Brembo spek balap.

Tak banyak yang tersisa di dalam badan mesin RZ250 ini. Di dalam, Anda akan menemukan Blok mesin Athena dengan piston Wossner, kopling billet Hinson dengan roda gigi primer yang dipotong lurus, kick starter Hot Rods, bearing yang diupgrade, sproket keluaran offset, dan sistem pengapian yang mudah disesuaikan.

Ditambah lagi, ada banyak porting polish pada silinderdan mesin ini disiapkan untuk melahap Avgas dengan menggunakan Karburator Keihin PW berukuran besar bawaan motorcross, dipadu filter BMC melalui intake khusus membran racing keluaran V-Force 4.

Belum ada data tentang seberapa besar kekuatan yang dikeluarkan motor ini, namun saya percaya dengan spek di atas motor ini siap melaju kencang mengasapi lawannya tertinggal jauh dibelakang. Paling tidak cukup puas dari penampilan yang membuat ciut nyali saat di sirkuit.

SYAIFUL ACHMAD