Beranda NEW BIKES Catat! Honda Africa Twin 2020 Diluncurkan 23 September 2019

Catat! Honda Africa Twin 2020 Diluncurkan 23 September 2019

Honda Government Approval Submission via cycleworld.com

JEPANG, 17 September 2019 – Setelah spekulasi yang tak berujung tentang kehadiran Honda Africa Twin CRF1100L, akhirnya Honda menyebut adventurer itu akan diluncurkan akhir bulan September. Kabar ini tentu saja mengejutkan para pencinta motor petualang. Pasalnya, Honda Africa Twin generasi sebelumnya terkenal dengan kemampuannya untuk bersaing dengan para raksasa di segmen motor adventure.

Tak hanya itu, motor itu juga kerap disanjung karena value for money yang ditawarkannya. Honda CRF1100L yang serba baru ini direncanakan hadir di ajang AIMExpo, pameran motor terbesar di Amerika Utara. Menariknya, akan ada dua varian yang dirilis akhir bulan ini, yakni Standard dan Adventure.

Dari segi desain, Africa Twin Standard menggunakan windscreen lebih pendek, pelindung mesin lebih kecil, dan jika dilihat lebih saksama, maka panel belakang motor ini terlihat lebih kecil dari model sebelumnya. Hal lain yang mengejutkan adalah tak tersedianya dudukan pannier di varian terendah Africa Twin.

Honda Government Approval Submission via cycleworld.com

Varian adventure di sisi lain menggunakan windscreen lebih tinggi tambahan lampu LED di bawah lampu utama, tangki bahan bakar lebih besar, dan pelindung mesin lebih besar. Dudukan pannier pun sudah tersedia.

Kedua varian mendapatkan layar TFT dengan fitur konektivitas Bluetooth, sasis baru, subframe-nya “diikat” dengan baut dengan alasan lebih mudah diperbaiki jika rusak. Di sektor mesin, kapasitas mesin Africa Twin akan meningkat dari 998 cc ke 1084 cc. Mesin ini juga sudah lulus Euro-V.

Honda Government Approval Submission via cycleworld.com

Kedua motor ini juga dilengkapi dengan suspensi upside-down di depan, dengan shock tunggal di belakang. Rem depan menggunakan cakram ganda dan satu cakram di belakang. Keduanya sudah dilengkapi dengan dual-channel ABS.

REZA ERLANGGA