Beranda BLOGS Tips agar Aki Awet dan Berusia Panjang

Tips agar Aki Awet dan Berusia Panjang

JAKARTA, 22 November 2015 – Aki atau baterai motor punya peran penting sebagai sumber tenaga pendukung bagi lampu, klakson, starter. Saat aki bermasalah maka komponen lainpun akan terkena dampak. Meski demikian banyak pengguna motor yang jarang memperhatikan hal ini. Ini tips untuk merawat aki agar lebih awet.

Pertama lakukan pengecekan berkala untuk beban penggunaan aki minimal sebulan sekali. Pengecekan bisa Anda lakukan dengan mengintip atau melihat cairan elektrolit yang ada pada aki motor Anda. Jika aki Anda masih memiliki cairan dibatas normal itu menandakan aki masih berfungsi baik. Untuk aki kering tentunya hal ini tidak diperlukan.

Jika perlu di-charge ulang, perhatikan waktu pengisian. Jangan sampai kita mencharge aki terlalu lama, atau biasa disebut over-charging. Menyetrum atau mencharge aki terlalu lama justru akan membuat komponen-komponen di dalamnya rusak.

Setelah itu, periksa dengan rutin kekencangan kabel sehingga dapat menyuplai listrik secara maksimal. Hal ini sangat penting jika Anda akan melakukan perjalanan jauh.

Bersihkan aki secara rutin. Anda bisa membersihkannya dengan bongkar pasang aki Anda. Atau cara sederhana dengan menyiramkan air hangat dan gosok pada kepala aki. Hal ini akan membuat penghantaran arus ke berbagai komponen listrik seperti starter, lampu dan klakson bekerja dengan baik.

Jika hendak meninggalkan motor dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya lepas terminal aki. Hal ini untuk menghindari aliran listrik yang terus-menerus padahal tidak terisi ulang. Akibatnya, aki bisa tekor atau soak

ANDHIKA KRESNA