Beranda BLOGS Tip Aman Mencuci Vespa Klasik

Tip Aman Mencuci Vespa Klasik

JAKARTA, 27 November 2015 — Memiliki vespa klasik dengan penampilan yang bersih dan apik layaknya motor keluaran baru tentunya menyenangkan. Namun kerap kita temukan bagian bodi atau mesin dihinggapi kotoran akibat oli samping dan lainnya. Nah, Sugandi dari Arena Motor memberikan tips bagaimana mencuci mesin vespa klasik dengan baik dan aman tanpa ngadat.

“Karena kelistrikan Vespa klasik ada di balik kipas yang sekaligus magnet pengapian motor. Jika cara membersihkannya tidak benar maka Vespa bisa ngadat alias mogok,” kata pria yang sudah menjadi mekanik Vespa belasan tahun ini.

Menurut Suganti pertama buka semua cover kipas dan cover kepala silinder dengan menggunakan obeng atau kunci ukuran 12. Bagian cover bisa dilakukan pencucian secara terpisah saat mencuci mesin Vespa.

Untuk mencuci bagian mesin Vespa tersebut bisa menggunakan campuran bensin murni dengan sabun deterjen. Lalu saat menyikat kerak yang membandel pada bagian mesin bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk bagian yang mudah dijangkau.

Untuk bagian yang sulit dijangkau dan kerak noda yang membadel pada mesin sebaiknya siapkan bambu dengan ujung yang sudah di hancurkan hingga menyerupai sikat. Jika noda dirasa sangat kuat dan membandel Anda bisa menggunakan bantuan lembar amplas ukuran 1000.

Langkah selanjutnya adalah dengan cara membilas dengan air. Agar air tidak terkena bagian kelistrikan seperti sepul, kondensor, platina dan kelistrikan lainnya sebaiknya gunakan selang dengan air ukuran kecil.

Setelah pembilasan selesai gunakan lap kering atau kanebo untuk membersihkan sisa air. Terakhir pasang kembali cover kipas dan kepala silinder. Selamat mencoba!

ANDHIKA KRESNA