Beranda BLOGS Musim Hujan Tiba? Persiapkan Hal-Hal Ini!

Musim Hujan Tiba? Persiapkan Hal-Hal Ini!

JAKARTA, 4 November 2015 – Musim hujan segera tiba. Bagi Anda yang mengendarai motor sebagai tunggangan sehari-hari menunjang aktifitas tak ada salahnya bersiap-siap. Selain kondisi badan juga jangan lupa persiapkan kondisi motor Anda. Setidaknya perhatikan hal-hal berikut.

Pertama cek kondisi motor Anda terutama ban dan rem apakah keduanya dalam kondisi yang baik dan laik jalan. Ban yang sudah agak “botak” tentunya akan berbahaya saat jalanan licin karena hujan. Sedangkan rem yang “pakem” diperlukan untuk berjaga-jaga.

Jika motor Anda tidak sengaja melibas genangan air yang menyebabkan mesin motor Anda, tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan busi cadangan beserta kunci sederhana seperti obeng kembang, obeng minus, amplas hingga tang.

Selanjutnya periksa helm. Riding gear yang satu ini merupakan peranti pelindung kepala pengendara motor. Tak hanya untuk mengurangi risiko fatal bila terjadi kecelakaan tapi juga bisa menjadi pelindung saat hujan. Periksa kaca helm Anda apakah masih cukup baik untuk menghadang curaha hujan. Gunakan helm yang memenuhi standar keamanan berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia).

Gunakan sarung tangan berkualitas, setidaknya memiliki bahan dengan daya cengkram yang baik pada handle gas. Hal ini akan memaksimalkan daya cengkram yang baik terlebih saat hujan.

Jas hujan. Pemakaian jas hujan dari bahan yang baik akan mencegah badan basah. Jangan gunakan ponco karena memiliki resiko bagian ujungnya membelit roda atau rantai. Pilih bahan yang berwarna terang sehingga pengguna jalan lain bisa melihat keberadaan Anda.

Nah semoga bermanfaat ya, dan tetap berhati-hati..

ANDHIKA KRESNA