Beranda BLOGS Mengenal Teknologi Kunci Vespa

Mengenal Teknologi Kunci Vespa

(Foto: modernvespa.net)

JAKARTA, 2 November 2015 — Era digital juga sudah hinggap di sektor otomotif. Piaggio Vespa salah satu pabrikan motor yang mengusung teknologi terbaru pada semua line-up miliknya. Sebut saja Vespa LX, Sprint, GTS, Vespa S, 946, Yourban hingga skuter roda tiga MP3 yang sudah dilengkapi dengan teknologi Immobilizer.

Vespa pada dasarnya memiliki dua anak kunci. Kedua anak kunci tersebut diberi warna biru dan cokelat. Di dalam anak kunci ditanamkan chip yang memuat kode tertentu yang berbeda di setiap unitnya. Tiap kunci unit memiliki kode unik yang berbeda satu sama lain.

Walau anak kunci yang Anda masukan sama alias duplikat dapat diputar, sudah dapat dipastikan ECU dan perangkat elektonik pada vespa tidak akan aktif kecuali membuat “kloningan” dari anak kunci yang berwarna coklat.

Hal ini guna menghindari pencurian pada skuter yang dimiliki pelanggan vespa. Oleh sebab itu, anak kunci yang digunakan harian sebaiknya anak kunci yang berwarna biru, bukan yang berwarna coklat. Pasalnya, jika anda menggunakan anak kunci yang berwarna cokelat kemungkinan chip computer akan mudah rusak.

Nah, jika kunci coklat rusak atau hilang maka akan sulit untuk membuat duplikatnya di dealer resmi Vespa. FYI, biaya untuk mengganti kunci master tersebut sekitar Rp 6 juta.

ANDHIKA KRESNA