Beranda BLOGS Lepas Filter Demi Akselerasi? Ini Plus Minusnya

Lepas Filter Demi Akselerasi? Ini Plus Minusnya

JAKARTA, 31 Oktober 2015 – Demi meningkatkan kinerja mesin banyak kita lihat pengguna sepedamotor melepas filter karburator. Ya, cara seperti ini memang paling sering dilakukan rider demi meningkatkan suplai udara ke ruang pembakaran dan membuat motor Anda serasa menggunakan Turbo. Benarkah?

Tunggu dulu. Pertanyaankan, apakah benar dengan cara seperti ini tenaga mesin motor akan lebih bertenaga? Jawabannya bisa saja benar tapi, juga ada konsekuensi lainnya. Benar memang jika cara kerja pembakaran dalam ruang bakar membutuhkan udara tapi udara yang masuk juga harus dengan syarat, salah satunya tidak tercampur dengan debu apalagi pasir dan air.

Mekanik bengkel resmi Honda AHASS, Iwan alias N’cep, mengatakan “Kalau hanya dengan melepas saringan udara meningkatkan kerja mesin khususnya ruang bakar ngapain pabrik motor bikin filter?” katanya.

Yap benar juga. Dilepasnya filter justru lebih banyak minusnya. Menurut N’cep, filter udara yang dibuka justru akan membuat motor menjadi lebih boros. “Parahnya akan membuat mesin rusak dan harus dibongkar alias turun mesin,” tambahnya.

Pria 35 tahun itu menambahkan untuk membuat motor lari lebih kencang adalah dengan mengganti beberapa spare part. Salah satunya dengan mengganti CDI berjenis racing dan digital agar mudah dibaca yang ditambahkan penggunaan busi jenis racing. Cara ini dirasa lebih aman dibanding harus melepas filter udara.

Semoga bermanfaat ya…

ANDHIKA KRESNA