Beranda BLOGS Lakukan Ini, Dijamin Motor Makin Hemat Bensin

Lakukan Ini, Dijamin Motor Makin Hemat Bensin

JAKARTA, 27 November 2018 – Jalanan di kota besar seperti Jakarta menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara sepeda motor. Kemacetan membuat penggunaan bahan bakar menjadi boros. Nah bagaimana menyikapinya?

Beberapa pabrikan sudah melakukan cara misalnya dengan penggunaan teknologi injeksi. Tapi apapun teknologi yang digunakan, cara berkendara tetap menjadi alasan utama yang mempengaruhi penggunaan konsumsi bahan bakar. Penggunaan BBM yang banyak akan memaksa pengendara merogoh kocek lebih dalam.

Nah, agar pengeluaran Anda tidak membengkak, tak ada salahnya para pengguna sepeda motor harus cerdik dalam mengontrol pengeluaran BBM. Berikut tipsnya seperti dilansir Suzuki.

Cara Berkendara

Pengetahuan mengenai cara berkendara penting untuk diketahui demi menggapai efisiensi BBM lebih maksimal. Setiap pengguna motor, mempunyai karakter berkendara yang berbeda-beda.  Nah, untuk bisa menghemat penggunaan BBM, pengendara harus bisa mengendalikan kecepatan motor dengan lebih stabil.

Periksa Tekanan Ban

Salah satu faktor yang bisa membuat BBM motor boros yaitu tekanan angin pada roda motor kurang. Kurangnya tekanan angin pada ban ini bisa membuat putaran roda berat dan laju motor jadi lebih lambat, sehingga membutuhkan bahan bakar lebih banyak.

Pelumas Berkualitas

Pemilihan pelumas yang berkualitas bisa mempengaruhi performa motor. Pelumas yang berkualitas ini akan  membuat gesekan dalam mesin motor menjadi lebih halus, bisa mengurangi suhu panas mesin yang akhirnya bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat.

Pembersihan dan Penggantian Busi

Agar BBM bisa lebih hemat, perhatikan sumbu busi serta pengecekan pada busi apakah masih berfungsi normal atau sudah mengalami penurunan kemampuan. Karena, busi yang bermasalah memberi sumbangan bagi keborosan BBM. Tidak hanya membuat boros BBM, namun mesin motor juga bisa rusak jika terlalu lama dibiarkan.

Perhatikan Kondisi dan Spesifikasi Kendaraan

Tak hanya memperhatikan cara berkendara yang baik, namun kondisi dan spesifikasi kendaraan juga berpengaruh terhadap bahan bakar minyak. Mengakomodasi kebutuhan masyarakat, khususnya kelas premium yang mengedepankan kecerdasan dalam berkendara, bisa memilih teknologi yang mampu membuat bahan bakar irit.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

RAJU FEBRIAN

latest updates

Peduli Penyandang Disabilitas, FIFGROUP Gelar Pelatihan

CIBINONG, 19 Maret 2019 -- PT Federal International Finance, anak perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang pembiayaan,...

700 Biker Hebohkan Suzuki Saturday Night Ride Yogyakarta

YOGYAKARTA, 19 Maret 2019 -- Yogyakarta meriah akhir pekan kemarin. Tak kurang 700 bikers turut serta menjadi peserta ajang Suzuki...
video

VIDEO: Test Ride Triumph Scrambler 1200 XE Jelajah Jakarta

JAKARTA, 18 Maret 2019 – Sebuah kesempatan istimewa bisa berkencan dengan Triumph Scrambler 1200 XE, motor terbaru yang diluncurkan Triumph Indonesia di awal tahun...

Honda Vario Paling Laris Ekspor ke Luar Negeri

JAKARTA, 18 Maret 2019 – Catatan ekspor sepeda motor Honda terus meningkat di awal tahun 2019. Pada bulan Februari 2019...

Perluas Rekanan, KOCI Gandeng Busi Brisk dan Lupromax Oil

JAKARTA, 18 Maret 2019 – Teroboson baru dilakukan KTM Owners Community Indonesia (KOCI). Komunitas penggemar motor KTM tersebut melakukan kerja...