Home BLOGS Komunitas Trail Xtrack Ultah dan Pilih Ketua Baru

Komunitas Trail Xtrack Ultah dan Pilih Ketua Baru

SHARE
Bang Zonal dan Bang Rachman (baju merah tengah) ketua Xtrack yang baru.

PARUNG, 31 Januari 2017 – Bagi sebuah komunitas motor atau pun mobil, klub bukanlah sebuah perkumpulan belaka. Ia juga merupakan bagian dari keluarga yang sangat erat ikatannya. Tak heran, jika klub mengadakan sejumlah kegiatan yang bertujuan memperkuat tali silaturahmi di antara para anggota.

Klub motor trail Xtrack pada hari Sabtu lalu (27/1) merayakan hari ulang tahunnya yang ke-14 sekaligus memilih ketua dan pengurus yang baru. Perayaan ultah tersebut dikemas dengan cara yang sangat berbeda, yakni dalam kemasan budaya Betawi.

Para peserta yang datang ke acara di Roemah Betawi H. Aem di Parung, Bogor, disarankan memakai pakaian adat Betawi. Bukan hanya pakaian adat, makanan yang disajikan pun bernuansa tradisional seperti pisang goreng, jagung bakar, kacang rebut, ubi dan lain-lain. Namun, tetap juga memperlihatkan nuansa acara kekinian lewat live music yang menghentak sampai malam hari.

Pada saat pembukaan acara, komunitas memilih tradisi Palang Pintu Betawi disertai dengan pantun dan adu kemampuan silat. Hal ini menjadi sebuah daya tarik yang baik yang dikemas oleh sebuah klub motor. Sejumlah pria dengan pakaian adat Betawi warna merah dan hitam mencak di depan para penonton memeragakan kemampuannya sambil berpantun.

Zamronie Zonal dikukuhkan sebagai ketua Xtrack yang baru untuk periode dua tahun ke depan didampingi oleh Rahman Azies sebagai wakil ketua. Pasangan ini menggantikan ketua yang terdahulu yang akrab dipanggil Bang Beng dengan wakil Syarif Hidayatullah.

“Kami mengambil adat Betawi karena kami bagian dari masyarakat Budaya Betawi dan kami ingin melestarikan tradisi yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Kita jangan hanya momotoran saja tetapi melupakan budaya. Kita sebagai generasi penerus harus ingat kepada budaya luhur kita,” ujar Zonal ketika ditanya soal pemakaian adat istiadat Betawi pada acara tersebut.

Menurutnya, Xtrack adalah komunitas motor trail yang anggotanya tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki ragam cabang di negeri ini. “Kami memiliki anggota sekitar 600 orang di seluruh Indonesia dan karena ini klub motor trail, persyaratannya ya harus punya motor trail. Kalau untuk alirannya ada yang senang hardcore atau light off-road itu hanya pilihan,” ujarnya.

“Kami memiliki sejumlah kegiatan di antaranya Xtrack 7 Days Adventure, Xtrack 10 Days Adventure dan kegiatan momotoran lainnya. Kami juga mengadakan kegiatan amal dan kegiatan pengajian yang dilakukan seminggu sekali di base camp kami di  workshop Xtrack di Pondok Cabe. Jadi selain kebutuhan materi dan hobi, rohani para anggota juga diisi,” ujar Zonal.

EKA ZULKARNAIN

SHARE



Honda CB400 Café Racer, Enak Dilihat

YOGYAKARTA, 20 Juni 2018 -- Menurut Ditto Prakoso, basis mesin 2 silinder seperti bawaan CB400 miliknya kurang pas jika diubah...

HD Sportster 1200, The American Drag Race

YOGYAKARTA, 19 Juni 2018 -- Karya hasil rancang bangun Ariawan Wijaya dari Workshop Baru Motor Sport memang sudah sepatutnya mendapat...

Debut Dimas Ekky di Moto2 Berhasil Finish

CATALUNYA, 18 Juni 2018 -- Dimas Ekky Pratama, mampu menyelesaikan balapan Grand Prix Moto2 di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (17/6)...

Harley-Davidson Road King 2003, Si Kematian

YOGYAKARTA, 18 Juni 2018 -- El Muerte, itulah nama yang disematkan di motor karya Indra “Blues Mann” Pranajaya dari Razzle-Dazzle...

MotoGP: Lorenzo Menang, Marquez Masih Teratas di Klasemen

BARCELONA, 17 Juni 2018 – Jorge Lorenzo (Ducati Team) tampil apik Gran Premi Monster Energy de Catalunya, Minggu, 17 Juni...