Beranda BLOGS Kickstarter Motor Matik Macet? Ini Solusinya

Kickstarter Motor Matik Macet? Ini Solusinya

JAKARTA, 30 September 2015 — Pengguna sepeda motor saat ini sebagian besar sudah tidak mau lagi menggunakan kickstarter. Hal ini dikarenakan fitur Electric Starter yang sudah menjadi fitur standart motor terbaru, terlebih pada motor matik.

Kickstarter biasanya identik dengan keadaan darurat dimana motor tidak bisa nyala karena aki soak. Lalu bagaimana jika saat ingin menggunakan kickstarter ternyata macet atau keras?

Pertama, jangan dipaksa! Karena kemungkinan lama tidak dipakai, menyebabkan per stopper gir selahan berkarat. Solusinya, bongkar blok CVT, hilangkan debu atau karat dengan kuas secara perlahan, beri pelumas pada bagian per stopper dan alur gir penghubung.

Agar tidak menghadapi maslaah, cara terbaik adalah lakukan perawatan berkala setiap 8.000 km. Lepas cover CVT lalu lepaskan gigi pengungkit dengan cara menarik dan menggerak-gerakan kickstarter ke bawah.

Meskipun tidak dipakai, gunakan kickstarter beberapa kali tanpa menghidupkan kunci kontak. Hal ini untuk membiarkan oli menyebar sempurna melumasi mesin.

Tarik tuas choke yang umumnya ada di sebelah kiri stang untuk menutup celah udara dan mensuplai bensin dengan kuantitas yang lebih banyak agar mesin cepat hidup. Setelah beberapa waktu mesin hidup, tarik kembali tuas choke ke posisi minim agar campuran bensin dan udara kembali normal sesuai setelan.

Semoga bermanfaat…

ANDHIKA KRESNA