Beranda BLOGS Kenali Jenis Ban Motor Anda

Kenali Jenis Ban Motor Anda

JAKARTA, 12 November 2015 — Ban motor merupakan bagian penting dari motor Anda. Jadi jangan menganggapnya remeh. Penting untuk mengenali jenis dan ukuran ban yang cocok dan tepat untuk motor Anda.

Secara umum jenis ban terbagi dua yaitu ban tubeless dan tube type. Menurut Wahyu Wijaya, mekanik AHASS 0822 di kawasan Cipulir Jakarta Selatan, mengatakan cara mudah untuk membedakan keduanya adalah tubeless tidak lagi menggunakan ban dalam seperti pada ban jenis tube type.

Jenis ban ini juga kemudian mempengaruhi velg yang digunakan. “Jika motor sudah menggunakan velg model Castwheel (banyak dikenal dengan sebutan velg racing), sebaiknya menggunakan ban jenis tubeless. Paling hanya menggati pentilnya saja. Ban akan lebih awet,” kata Wahyu kepada Motovaganza.

“Nah, kalau velg jari-jari biasanya masih menggunakan tube type,” kata dia.

Wahyu, 34 tahun, mengatakan informasi mengenai ban bisa ditemui di bagian sisinya. Misal, jika ban Anda tertulis 80/90-17 itu berarti ban Anda memiliki lebar 80mm dengan tinggi dinding 90mm dan digunakan untuk velg ukuran 17 inci. Selain itu, juga ada informasi mengenai tahun pembuatan, tahun kadaluarsa, kemampuan ban, serta arah ban yang biasanya ditandai dengan tanda panah dan bertuliskan rotation.

ANDHIKA KRESNA