Beranda BLOGS Helm Bersih, Kulit Kepala Sehat

Helm Bersih, Kulit Kepala Sehat

(Foto: motorcyclesnews.com)

JAKARTA, 25 November 2015 – Helm menjadi salah satu perlengkapan berkendara yang kadang terlupakan. Pasahal, jika pelindung kepala ini tidak dirawat, selain menimbulkan bau yang tidak sedap, pengelihatan melalui visor atau kaca helm menjadi terganggu akibat debu yang menumpuk. Parahnya kulit kepala juga bisa gatal.

Jika Anda tak ingin hal itu terjadi, biasakan mencuci helm. Tapi jangan asal mencuci. Salah-salah bukan mendapati helm bersih dan nyaman malah sebaliknya. Nah, bagaimana agar helm bersih dan kulit kepala sehat?

Pertama-tama lakukan pencucian helm minimal dua bulan sekali. Jarak ini dianggap aman karena tidak akan membuat lem perekat dalam helm tidak mudah rusak. Jangan mencuci helm dengan cara merendam. Untuk bagian padding atau bantalan bagian dalam sebaiknya dilepas terlebih dahulu dan sikat menggunakan sikat gigi untuk bagian noda membandel — biasanya di bagian pipi dan leher. Keringkan dengan cara mengangin-anginkan saja sampai kering.

Untuk bagian kaca atau visor sebaiknya juga ikut dibuka dengan menggunakan obeng. Bersihkan dengan kain basah, saat mengusap visor usahakan jangan ditekan agar visor tidak menimbulkan baret halus.

Sementara untuk bagain batok helm bisa dilap menggunakan kain basah saja lalu keringkan. Jika terdapat goresan anda bisa memolesnya dengan compound yang berwarna putih dengan kain bersih. Agar kondisi cat helm tetap terjaga, Anda bisa memoleskan cairan atau wax khusus cat.

Jika selesai, pasang kembali bagian-bagian helm seperti padding, visor dan yang lainnya. Untuk menambah kenyamanan, Anda bisa menyemprotkan sedikit hairtonic atau vitamin rambut lainnya. Biasanya vitamin rambut memiliki wewangian yang menyegarkan.

Selamat mencoba!

ANDHIKA KRESNA