Beranda BLOGS Ban Motor Kempes Tiba-Tiba? Ini Penyebabnya

Ban Motor Kempes Tiba-Tiba? Ini Penyebabnya

(Foto: worldcycles.com)

JAKARTA, 8 September 2015 — Anda pengendara motor mungkin pernah mengalami ban motor kempes secara tiba-tiba tanpa sebab. Padahal motor Anda jarang digunakan alias terparkir rapi di garasi rumah. Nah, ini beberapa penyebabnya.

Lantaran sudah lama tidak dipakai bukan bukan berarti ban motor Anda baik-baik saja. Untuk motor jenis skutik, kerap terjadi di ban belakang. Hal ini disebabkan tekanan berat mesin motor skutik terletak di belakang. Suhu yang panas dari mesin matik juga memengaruhi ban yang terletak dekat mesin tersebut.

Secara umum, ban kempes secara tiba-tiba biasanya dikarenakan suhu ban saat dipakai lebih panas karena roda yang menyerap panas saat terpapar sinar matahari. Solusinya gunakan Main-Stand (standar tengah) saat parkir walau hanya sebentar.

Selain panas, hal lain yang bisa memicu ban kempes adalah lantai yang bersuhu dingin. Suhu dingin dari lantai menyebabkan ban mengalami penyusutan terutama bagi Anda yang menggunakan ban dalam.

Hal tersebut terjadi karena perbedaan suhu yang terlalu dingin. Semakin lama kendaraan tidak dipakai maka proses penyusutan semakin besar dan tidak ada energi yang diubah dari kinetik ke panas. Selain itu, ban dalam lebih berpori dibanding ban luar.

Solusinya hanya satu, pilihlah ban dalam yang berkualitas bagus. Salah satu cirinya adalah yang berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia).

Nah, semoga bermanfaat…

ANDHIKA KRESNA