Beranda BLOGS Bikers Dakwah, Syiarkan Islam dengan Cara Unik

Bikers Dakwah, Syiarkan Islam dengan Cara Unik

JAKARTA, 16 Desember 2019 – Selama ini banyak berkembang stigma bahwa komunitas motor berkaitan dengan hal negatif seprti ugal-ugalan di jalan, kejahatan, atau narkoba. Tapi stigma itu terbantahkan oleh komunitas Bikers Dakwah. Inilah komunitas pecinta dan pengguna motor yang memiliki tujuan unik.

Alfie Alfandy, Founder Bikers Dakwah mengatakan Bikers Dakwah bertjuan merangkul dan mengajak bikers untuk menjadikan hobi dalam artian kendaraan bermotornya menjadi media kendaraan menuju Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Bikers Dakwah berawal sejak Alfie Affandy haus akan mencari ilmu dalam hijrahnya hingga ke negeri Hadramaut, Yaman serta mendapatkan bimbingan dari seorang guru Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz, Habib Kadzim Assegaf dan Habibana Ahmad bin Ali bin Abdurrahman Assegaf yang mengutipkan pesan “Alfie, berdakwalah di tempat mu (pergaulanmu, temanmu), berdakwalah di tempat yang haus akan ilmu”.

Dengan dorongan niat yang kuat untuk terus belajar dan memberikan sepercik manfaat terutama untuk lingkungan sekitar melalui hobi salah satunya motor, terbentuklah wadah dakwah yang didirikan yakni bernama Bikers Dakwan hadir untuk semua jenis motor, semua memberclub, semua orang yang memiliki niat untuk belajar bersama.

Setelah berjalan 1 tahun, komunitas yang dikenal dengan motto “Dirangkul Bukan Dipukul” ini, telah memiliki ribuan member aktif dan terdaftar di beberapa wilayah di Indonesia. Beberapa chapter di antaranya adalah yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Palembang, Lombok, Medan, Kuningan, dan masih ada beberapa chapter prospect.

Baca juga:
Rayakan HUT ke-1, Bikers Dakwah Ajak Bikers Memperkuat Iman

Program Bikers Dakwah

Bikers Dakwah memiliki 3 program rutin yang sudah berlangsung selama satu tahun ini. Pertama adalah Kopdar Bikers Dakwah (KOPDAR) yang merupakan acara rutinan yang berlangsung pada minggu kedua setiap bulannya. Kegiatan Kopdar ini diisi oleh beberapa penceramah nasional dan dikemas dengan santai sehingga mereka (Bikers) yang baru pertama datang itu tidak merasa canggung.

Kedua, Subuh Morning Ride (SUBMORI) program yang berlangsung pada minggu terakhir setiap bulannya yang dimulai dengan sholat subuh berjamaah di Masjid Raya Al-Insan di Patal Senayan Jakarta yang dilanjutkan dengan kajian ringan.

Program Submori juga diisi dengan kegiatan lainnya yang merupakan Sunnah Nabi, yaitu Berpanah, Bekam, Renang dan Berkuda (dalam rencana) dan juga kegiatan amal sosial lainnya.

Terakhir adalah program Bikers Ngaji yang berlangsung setiap hari Senin, Selasa, Rabu mulai jam 20.00 WIB dengan pengajar lulusan Pondok Pesantren Darul Musthafa, Tarim, Hadramaut, Yaman. Program Bikers Ngaji dikhususkan untuk member yang ingin belajar Iqro dan Al-Quran mulai buta huruf hingga hafal Alqur’an dengan metode cara cepat belajar Alqur’an.

“Semua program di atas dibuka untuk umum. Bagi siapa aja dan motor apa aja. Jadi, bagi yang berminat bisa langsung datang ke program program Bikers Dakwah,” tutup Alfie.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto