Beranda BLOGS Biar Makin Aman, Komunitas RAT Indonesia Gelar Pelatihan Touring Officer

Biar Makin Aman, Komunitas RAT Indonesia Gelar Pelatihan Touring Officer

JAKARTA, 3 September 2019 – Touring tak hanya sekedar hura-hura tapi juga harus memperhatikan keselamatan peserta touring dan juga pengguna jalan lain. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anggotanya terkait safety riding, Riders Association of Triumph (RAT) Indonesia menggelar pelatihan RAT Indonesia Officers Training akhir pekan kemarin.

Ketua Panitia RAT Indonesia Officers Training, Febriano Lazuardi mengatakan kegiatan ini dibuat untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan para anggota RAT saat melakukan touring ke luar kota.

“Setiap peserta pelatihan officer ini mendapat sertifikat dari JDDC, dan mereka akan bertugas ‘mengawal’ setiap kegiatan touring RAT secara regular,” katanya.

Kegiatan yang dilangsungkan Sabtu (31/9) dimulai dari showroom Triumph PT GAS di Jl. Kemang Raya No.19. Peserta melakukan riding menuju Intro Jazz Bistro BSD Tangerang. Pelatihan diberikan dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC). Dalam kelas teori, dedengkot JDDC Jusri Pulubuhu, memberikan materi tentang Officers Duties and Responsibilities serta Group Riding Procedures. Selanjutnya, kelas outdoor berisikan materi Group Riding Procedures Simulation.

Usai istirahat makan siang, sesi kelas kembali diberikan. Kali ini materi yang dipresentasikan adalah mengenai Group Riding Evaluation, Basic First Aid Awareness, serta Basic Skill. Sementara sesi terakhir mengenai Basic Skill Demo. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat dan patch bagi seluruh peserta.

Ketua RAT Indonesia, Afiansyah Harahap mengatakan terimakasih kepada PT Garda Andalan Selaras (GAS) yang telah mendukung kegiatan edukatif ini secara penuh. “Kami gembira dan bersyukur karena bekal yang diperoleh melalui pelatihan ini akan sangat berguna dalam kegiatan touring yang sering kami lakukan,” katanya.

Sementara Sapta Hariaji dari PT GAS mengatakan, “Sudah menjadi salah satu tugas kami untuk mensupport komunitas pengguna sepeda motor Triumph dengan kegiatan-kegiatan positif guna meningkatkan kesadaran berkendara di jalan. Semoga kegiatan Pelatihan Touring Officer ini dapat membantu meningkatkan aspek kenyamanan dan keselamatan para peserta touring.”

MUNAWAR CHALIL