Beranda UPDATES Bedah 11 Fitur Keren di Honda Scoopy

Bedah 11 Fitur Keren di Honda Scoopy

JAKARTA, Motovaganza.com – Anda yang mencari motor matik bergaya retro nan klasik, Honda Scoopy bisa jadi pilihan. Tampilan memang menjadi beda sekaligus nilai jual motor ini.  dengan skutik lainnya. PT Astra Honda Motor (AHM) menawarkan dua tipe Sporty dan Stylish. Keduanya punya fitur dan spesifikasi mesin serupa. Beda hanya dari segi tampilan saja.

Skutik andalan Honda ini mengusung mesin satu silinder berkapasitas 110cc SOHC, eSP PGM-FI, berpendingin udara. Jantung pacunya dapat memuntahkan tenaga sebesar 9,1 Hp di putaran mesin 7.500 rpm dan torsi 9,4 Nm di 6.000 rpm.

Untuk warna, total ada 8 pilihan. Varian Sporty dengan kelir meriah dan versi Stylish lebih mengutamakan kemewahan. Honda Scoopy Sporty punya tiga warna: Black, Red dan White. Sementara desain versi Stylish lebih fashionable. Di tipe ini ada 5 pilihan cat: Stylish White Red, Black, White, Matte Red dan Matte Brown.

Untuk harga, Scoopy Stylish maupun Sporty dijual dengan harga yang sama Rp 19,750 juta.

Tak hanya jual tampang, motor bertransmisi otomatis produksi AHM ini juga ditanamkan teknologi canggih. Berikut deretan fitur keren yang dimilikinya:

1. LED Projector Headlamp

Ini termasuk fitur unggulan yang dimiliki. Scoopy menjadi motor matic pertama di Indonesia dengan LED Projector Headlight. Beda dengan skutik lain di kelasnya, lampu proyektor LED untuk lampu depan membuat visibilitas dalam berkendara jadi lebih baik, terutama saat malam hari. Menghasilkan cahaya terang dan fokus, serta tentu saja hemat energi.

Tidak hanya itu, penggunaan lampu berteknologi diode diyakini menambah kesan canggih dan menawan. Apalagi dengan bentuk oval yang menjadi ciri khas Honda Scoopy hingga saat ini.

2. Panel Instrumen Modern

Meski punya desain retro, tapi teknologi modern. Panel instrumen memadukan tampilan digital dan analog. Warnanya pun lebih atraktif dan meriah. Untuk petunjuk kecepatan masih pakai jarum konvensional warna merah, dengan latar putih.

Tampilannya mudah dilihat di siang hari maupun malam. Sementara untuk panel digital hanya berlaku untuk indikator BBM dan odometer. Dilengkapi pula dengan ECO Indikator yang bisa menjadi panduan agar berkendara irit.

Baca juga: KOMPARASI: Adu Retro Honda Scoopy atau Yamaha Fino Grande

3. Anti-Theft Alarm with Answer Back System

Selain kunci konvensional, pabrikan memberi tambahan remote. Di dalam alat canggih itu disematkan fitur keamanan anti-theft alarm. Berfungsi untuk membantu pemiliknya meminimalisir aksi pencurian. Alarm bakal berbunyi keras ketika motor tersenggol atau merusak paksa rumah kunci.

Sistem anti-maling ini bisa diaktifkan dengan cara menekan tombol SET, dan UNSET untuk mematikan alarm. Ia menyatu dengan tombol Answer Back Dystem. Peranti ini berguna untuk menemukan posisi motor saat di lokasi parkir. Tinggal pencet.

4. Combi Brake System

Combi Brake System (CBS) termasuk fitur penting dalam hal keselamatan, berkendara aman dan nyaman. Sistem pengereman ini merupakan kombinasi antara rem depan dan rem belakang. Pengendara cukup menarik tuas sebelah kiri, maka rem belakang berfungsi secara bersamaan. Dengan begitu, dapat menghasilkan pengereman yang optimal, seimbang, dan tepat.

5. Power Charger

Sesuai perkembangan teknologi skutik, meningkatkan kepraktisan menjadi nilai utama. Makanya Honda menyematkan fitur power outlet untuk isi ulang baterai gawai Anda. Terdapat di bagian kompartemen kiri depan, dan lengkap dengan penutupnya. Ada dua cover yang melindungi. Pertama konsol dengan laci, dan kedua adalah tutup power outletnya itu sendiri.

Spesifikasinya mengikuti standar otomotif, yaitu 12 Volt 1 Ampere. Aman digunakan dan tidak merusak kelistrikan motor. Sayang lighter untuk menyambung ke power outlet dijual terpisah. Disarankan mencari ukuran pendek, karena kalau terlalu panjang bisa mentok saat cover konsol ditutup.

Baca juga: Mau Beli Honda PCX Bulan Ini? Ada Diskon Hingga Potongan Angsuran

6. ISS & ACG Starter

Sejak dulu, motor garapan Honda dikenal irit. Mereka terus berupaya menekan efisiensi konsumsi bahan bakar. Sejalan dengan perkembangan teknologi sepeda motor yang pesat, akhirnya pabrikan asal Jepang ini berinovasi dengan menciptakan Idling Stop System (ISS). Bahasa sederhananya, sistem ini bisa menghidup-matikan mesin saat motor berhenti lebih dari 3 detik. Misal saat di lampu merah, enjin tidak bekerja untuk menenggak bahan bakar. Sehingga, mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar, kinerja mesin lebih efisien dan ramah lingkungan.

Untuk menyalakan kembali, pengendara tidak perlu menekan tombol starter. Cukup putar tuas gas, dan mesin motor langsung hidup. Semua hal itu bisa berlaku kalau pengendara mengaktifkan tombol ISS yang terdapat di kanan setang. Jika sudah aktif, lampu indikatornya menyala.

Teknologi ini terintegrasi dengan ACG Starter (Alternating Current Generator). Berfungsi menghilangkan suara kasar pada saat pertama menyalakan mesin motor. Selain itu, mampu juga mengurangi konsumsi BBM, karena terdapat sistem decompression yang mempermudah kerja piston.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Honda dengan metode ECE R40, kombinasi dari kedua teknologinya dapat mengurangi jumlah emisi bahan bakar hingga 7 persen. Tentunya jika dibandingkan dengan kendaraan yang tidak menggunakan sistem ini.

7. Bagasi Luas

Honda Scoopy memiliki bagasi yang cukup luas dengan daya tampung mencapai 15,4 Liter. Bisa dimanfaatkan untuk menyimpan peralatan berkendara atau barang-barang lain berukuran kecil, macam, sepatu, jaket, ataupun kacamata.

8. Ban Tubeless Tapak Lebar

Beda dengan Scoopy generasi sebelumnya. Model yang sekarang menggunakan pelek diameter 12-inci, sebelumnya pakai ring 14-inci. Meski lebih kecil, justru jarak terendah ke tanahnya masih tinggi, yakni 143 mm. Makin optimal dengan ban tubeless berprofil lebar yang berukuran 100/90 di depan dan 110/90 belakang.

Baca juga: Modifikasi Honda ADV150 Berjubah Batman

9. eSP

Kepanjangan dari Enhanced Smart Power. Teknologi ini merupakan jati diri motor skutik Honda generasi terbaru. Manfaatnya tetap mengacu pada penggunaan bahan bakar agar lebih efisien. Dan menjanjikan performa yang asyik untuk pengendaranya.

10. Side Stand Switch

Motor tidak menyala jika posisi standar samping belum naik secara sempurna. Fitur ini dibuat untuk mengurangi risiko pengendara lupa menaikkan standar samping. Selain itu, dapat meminimalisir kecelakaan saat ingin berbelok ke arah kiri atau pada jalanan yang tidak rata. Atau tidak sengaja menarik tuas gas pada saat motor dalam kondisi diam.

11. Parking Brake Lock

Pengendara mendapat kenyamanan dan keamanan berkat fitur ini. Pada dasarnya, berfungsi seperti rem tangan di mobil. Membantu mengunci posisi motor, terutama pada saat berhenti di kondisi jalan menanjak atau menurun. Dan karena sistemnya mengunci rem belakang, maka risiko motor lompat dapat dihindari, lantaran terlalu banyak buka gas.

Dengan bentuk unik dan sejumlah fitur keren yang dimiliki, tak salah jika ia dibanderol Rp 19 jutaan. Tak hanya itu, ragam warna menarik juga menjadi nilai tambah untuk memikat calon konsumen. Tersedia dua pilihan varian, Sporty dan Stylish. Jika ingin grafis meriah, bisa pilih sporty. Bila ingin tampil elegan, Stylish jawabannya.

Baca Juga: Deretan Fitur Keren Honda Scoopy 2020

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto