Beranda UPDATES Banyak Pemalsuan, Kenali Ciri-Ciri Federal Oil Asli

Banyak Pemalsuan, Kenali Ciri-Ciri Federal Oil Asli

JAKARTA, 21 Juni 2019 – PT Federal Karyatama (FKT), selaku produsen pelumas kendaraan motor merek Federal Oil, terus berupaya melindungi konsumennya dari peredaran oli palsu. Setelah sebelumnya FKT berhasil membongkar sindikat pengedar pelumas Federal Oil palsu di Yogyakarta, dan Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada April lalu. FKT bersama Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu juga berhasil membongkar sindikat pengedar pelumas Federal Oil palsu di wilayah Bengkulu.

Hasil penggerebekan yang dilakukan pada tanggal 13 Maret 2019 bersama pihak kepolisian, ditemukan barang bukti berupa produk palsu di dua bengkel. Polisi menyita sebanyak 5 karton dan 53 botol produk pelumas Federal Oil dari dua lokasi.

Ivan Ally, selaku Head of Corporate Communication FKT mengatakan, FKT akan terus melindungi konsumen FKT dari peredaran pelumas palsu yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang dikeluarkan oleh FKT.

“Kejadian ini bukan hanya merugikan kami, tapi juga konsumen kami. Sebagai perusahaan pelumas terbaik, kami akan terus memberikan edukasi dan penyuluhan langsung kepada masyarakat tentang bagaimana mengetahui pelumas asli dan palsu. Kami juga terus memburu sindikat pemalsu pelumas, dan bersama dengan pihak kepolisian juga akan menindak dengan tegas para oknum-oknum yang melakukan pemalsuan produk pelumas FKT,” kata Ivan.

Ia mengatakan penggunaan oli palsu yang tidak sesuai spesifkasi dapat merusak mesin motor, lantaran oli tersebut tidak bisa bekerja secara maksimal. Dampak yang paling buruk jika menggunakan oli yang tidak sesuai spesifikasi adalah mesin pada sepeda motor akan mengalami kerusakan serius.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, Federal Oil secara periodik melakukan perubahan terhadap teknologi pada kemasan yang selalu update dengan teknologi canggih. Hal tersebut dimaksudkan untuk memudahkan pemilihan oli yang di produksi di PT. Federal Karyatama,” kata Egy Hilmy, Product Development PT Federal Karyatama.

Berikut beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk membedakan oli asli dan palsu:

  1. Kondisi botol. Laser print pada kemasan Federal Oil asli tercetak rapih
  2. Kode produksi (no produksi) yang terletak pada tutup botol bagian atas.
  3. Label Federal Oil sudah terdapat QR Code dan logo SNI.
  4. Harga. Biasanya oli yang tidak sesuai spesifikasi dijual lebih murah.

Egy menyarankan, jika mau aman, lebih baik beli oli di bengkel-bengkel yang sudah bekerjasama dengan Federal Oil. Jika konsumen menemukan oli Federal yang tidak sesuai spesifikasi bisa adukan ke call center. “Jika konsumen masih ragu, atau mau mengadukan adanya Federal Oil silahkan hubungi telpon Halo Federal Lubricants 1500027,” tutup Egy.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto