Beranda UPDATES Aprilia SXR160, Skutik Gambot untuk India Rasa Italia

Aprilia SXR160, Skutik Gambot untuk India Rasa Italia

NEW DELHI, Motovaganza.com — Aprilia, merek yang berada di bawah Piaggio Group, menggunakan ajang India Auto Expo 2020 untuk memperkenalkan motor baru. Pabrikan yang aslinya dari Italia ini ikut meramaikan segmen skutik. Jika selama ini mereka dikenal dengan motor sport, kali ini Aprilia melansir SXR160.

Mereka menggunakan ajang India Auto Expo 2020 karena memang ditujukan untuk pasar negara ini. Saat ini masih dalam tahap perkenalan. Rencananya, motor ini baru bisa dipesan pada Agustus, delivery akhir tahun, namun diperkenalkan resmi pada pertengahan 2020.

Aprilia SXR 160 mengusung desain khas Italia. Guratan bodinya mengusung gaya Eropa yang kental. Lekuk-lekuk kaku tertera di tiap panel. Ukurannya terbilang besar sehingga disebut Maxi Scooter.

Tampilan khas terlihat dari tameng depan yang besar dan posisinya dibuat maju. Berbeda sekali dengan kompetitor yang ada. Lampu utama dibuat sipit yang banyak ditemukan pada skutik berbodi bongsor dewasa ini. Lampu dipermanis dengan tarikan garis DRL plus LED headlight. Penghadang angina tau windshield dipasang agak menjulang, serupa dengan desain kepunyaan Yamaha Lexi.

Bergeser ke belakang, aura skuter ala Eropa muncul dari bentuk buritan yang bongsor dan gambot. Mika stoplamp dibuat senada dengan fasad, berbentuk tajam, lengkap dengan garis LED. Desain tadi berpadu pas dengan ban berukuran 12 inci di depan dan belakang.

Mesin

Urusan mesin yang digunakan tak benar-benar baru. Motor ini berbagi platform dengan si adik, Aprilia SR160. Artinya, memakai konfigurasi satu silinder 160 cc dengan fuel injected. Meski cukup besar dibandingkan motor sejenis yang biasanya menggunakan mesin 150cc, performasnya biasa saja.

Di atas kertas, ia tak lebih baik dari NMax atau Honda PCX. Total tenaga hanya 10,8 Hp, keluar di 7.600 rpm dan torsi 11 Nm pada 6.000 rpm. Angka yang ternyata sedikit lebih kecil dari Lexi. Skutik buatan Yamaha Indonesia itu mampu menorehkan catatan 11,7 Hp di 8.000 rpm dengan torsi 11,3 Nm di 7.000 rpm.

Jika dibandingkan dengan beberapa skutik di Indonesia, Aprilia SXR tak terlalu istimewa. Jauh di bawah kemampuan skutik 150 cc. Hanya sepantar motor-motor seperti Honda Vario 125, Vespa LX125 dan Lexi. Skutik buatan Yamaha Indonesia itu mampu menorehkan catatan 11,7 Hp di 8.000 rpm dengan torsi 11,3 Nm di 7.000 rpm.

Baca juga: Benarkah Kawasaki Rancang KLX 700?

Fitur

Beranjak ke kaki-kaki, juga hampir sama dengan SR. Ia memakai teleskopik di depan, sementara belakangnya monoshock. Posisi monoshock tidak diletakkan di tengah. Melainkan satu suspensi tunggal yang dipasang sebelah kiri.

Sistem pengereman diperkuat disc brake di depan dan model tromol di belakang. Otomatis sensor ABS hanya ada satu channel. Tampaknya dari segi teknis, skuter besutan Aprilia ini kurang menggugah.

Untungnya, beragam fitur modern hadir sebagai standar. Misal, layar instrumen full digital yang informatif. Perangkat itu sanggup terkoneksi pula dengan gawai pengendara. Gove box denga fasilitas USB charging. Lalu ruang akomodasi juga melimpah. Bagasinya cukup besar untuk menyimpan berbagai barang. Plus, dek rata lantai memudahkan penyimpanan barang agak besar, meski terlihat jadi tak proporsional. Rencananya, Aprilia SXR 160 akan ditawarkan dalam pilihan warna hitam, biru, putih, dan merah.

Sumber: Bikedekho
Baca juga: Pemerintah Canangkan Aturan Konversi Motor Tua jadi Tenaga Listrik

HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto