Beranda BLOGS Aksi Enduro Motorbaik Adventure 2019 di Pulau Komodo dan Labuan Bajo

Aksi Enduro Motorbaik Adventure 2019 di Pulau Komodo dan Labuan Bajo

BAJAWA, 2 Oktober 2019 – Berpetualang sambil berbagi dengan sesama kembali dilakukan para public figure yang tergabung dalam tim Enduro Motorbaik Adventure 2019. Sebanyak 12 public figure menyelesaikan dua hari kegiatan dimulai pada Minggu dan Senin, 29-30 September 2019, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Pada hari Minggu (29/9), acara diawali dengan eksplorasi Pulau Komodo yang menyeberang dari Labuan Bajo. Hari itu juga sekaligus digunakan sebagai adaptasi menjajal motor-motor yang akan digunakan para artis yakni Ananda Omesh, Imam Darto, Tora Sudiro, David John Scaap, Denny Chasmala, Erix Soekamti, Ferry Maryadi, Prisia Nasution, Eddi Brokoli, Isa Bajaj, Surya Insomnia dan Alit Shitlicious Susanto.

Motor-motor yang digunakan mereka terdiri dari Honda Africa Twin, CMX Rebel 500, CRF250 Rally, CB150R Street Fire, Royal Enfield GT650 dan Interceptor, BMW G310GS Adventure, Kawasaki Versys 250 dan KLX 230 didukung oleh Pelumas Pertamina Enduro sebagai sponsor utama. Enduro Motorbaik Adventure 2019 juga disokong oleh PT Pegadaian Persero, JNE, ASDP Ferry Indonesia, Kawasaki, Royal Enfield, BMW Motorrad dan RC Motogarage.

Setelah mendapat pemaparan dari petugas mengenai sejarah dan perkembangan Komodo, tim Enduro Motorbaik Adventure 2019 menuju SMPN 1 Komodo untuk mengawali tema perjalanan menjelajah kawasan Timur Indonesia yakni mengajar.

“Kita datang ke Labuan Bajo ini membawa misi pariwisata sekaligus menghibur serta memberikan ilmu dari profesi kita masing-masing kepada adik-adik sekolah SMPN 1 Komodo. Kita-kita dengan latar belakang penulis, aktor/aktris film, presenter dan musisi membekali mereka apa itu profesi kita dan juga hal apa saja yang kita harus kuasai sebagai pembelajaran bagi mereka,” tukas Ananda Omesh.

Besok harinya, Senin (30/9), perjalanan bermotor mereka diawali sejak pukul 07.00 WITA pagi yang beriringan menuju daerah Bajawa sejauh 278 Km. Sebuah hal yang baru mereka mengendarai motor di kawasan NTT yang elok dari pemandangan alam sekaligus tantangan menyusuri jalanan dengan tantangan penuh berkelok, menanjak terjal dan menurun tajam.

Usai beristirahat makan siang di kawasan Ruteng, misi penjelajahan diteruskan di antara guyuran hujan melewati jalanan perbukitan diselingi pantai yang indah. Satu hal baru dalam perjalanan tahun ini yakni menggunakan perangkat komunikasi untuk memudahkan kordinasi di antara peserta.

Akhirnya rombongan tiba di kawasan dingin Bajawa sekira pukul 19.30 WITA dengan segudang cerita di hari pertama. “Sebuah pengalaman baru bagi saya touring bersama Motorbaik ini, seru sekali karena bukan sekadar perjalanan tapi juga ada misi edukasi kepada masyarakat,” tukas Prisia Nasution yang kali ini menggunakan Honda Rebel 500.

Rute selanjutnya dari Bajawa mereka akan menengok Bukit Wolobobo untuk kemudian bertandang ke daerah Ende untuk melakukan aktivitas sosial Pater Avent Saur, tokoh peduli pasung dari NTT serta melihat rumah pengasingan Bung Karno.

REZA ERLANGGA