Beranda UPDATES AKO Trike, Motor Listrik Kreasi Start Up Lithuania

AKO Trike, Motor Listrik Kreasi Start Up Lithuania

JAKARTA, Motovaganza.com – Perusahaan start up asal Lithuania, Vilnius, sudah melangkah jauh. Mereka menggarap proyek kendaraan niremisi. Tepatnya prototipe three-wheeler yang diberi nama AKO. Jantung pacu tanpa gas buang bukan lagi hal luar biasa. Selain soal penggerak yang ramah lingkungan, motor roda tiga ini juga punya tampilan dan teknologi menarik.

Jujur, sebenarnya agak membingungkan untuk mengkategorikannya AKO. Pasalnya, ia bisa dikatakan mobil ketimbang motor listrik, karena memiliki bodi menutupi sasis. Wheel Track di depan juga cukup panjang, sehingga berdiri stabil layaknya roda empat. Bahkan membelokannya pun memakai kemudi putar dari balik kokpit.

Di saat bersamaan, konfigurasi kaki-kaki itu bisa berbelok miring – utamanya saat kecepatan tinggi. Persis karakter roda dua. Trike dapat bermanuver tangkas dan cepat berkat sudut kemiringan ekstrem. Dan tanpa harus takut bodi roboh, atau mengalami gejala selip. Lucunya lagi, tersedia ruang duduk di baris dua. Semacam konfigurasi Bemo atau Bajaj, namun ramping.

Soal performa boleh diuji. Bos AKO, Jurgis Lečas, memperkirakan karyanya bisa melesat sampai 240 km/jam. Bahkan torsi puncak mencatat angka 600 Nm. Meskipun, hal ini baru estimasi. Karena pengerjaan selanjutnya memasang berbagai perangkat safety – yang bisa mengurangi output.

“Perkiraannya, kecepatan maksimal mencapai 240 kpj (Namun bisa jadi dibatasi perangkat lunak), serta torsi puncak 600 Nm. Namun hal ini masih bisa berubah. Bagian kabin akan memiliki beberapa perangkat keamanan penting tambahan. Seperti Front dan Side Airbag, sampai sabuk pengaman empat titik. Semua itu menjadi keharusan bagi kami,” ungkapnya.

Daya Tempuh

Kemampuan baterai 26 kWh juga berdaya tahan lama. Dalam satu kali penuh, diperkirakan jangkauan jarak tempuh bisa sampai 300 km. Cukup panjang, mengingat bobot total Trike mencapai 450 kg. Lantas yang juga unik, penggerak belakang memakai garden, bukan langsung ditempelkan motor elektrik seperti motor pada umumnya.

Ini memang bukan motor, atau mobil masa kini, tapi ke depan teknologi seperti inilah yang akan banyak digunakan Pengendara tetap aman berada dalam lindungan panel besi, berikut dikelilingi perangkat keselamatan ala mobil. Di saat bersamaan, dimensi serta pengendaliannya bisa setangkas motor. Praktis. Estimasi harganya mulai EUR 20 ribu sampai EUR 24 ribu, atau sekitar Rp 325 juta – Rp 390 jutaan.

Sumber: Electrek

Baca juga OTO: AKO Trike: Tak Cukup Merayu dengan Jargon Niremisi

 

HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto